Bea Cukai Musnahkan Jutaan Batang Rokok-Sex Toys Ilegal Senilai Rp 44,8 M

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 16:47 WIB
Ditjen Bea Cukai Sumbagtim memusnahkan jutaan batang rokok hingga sex toys ilegal
Ditjen Bea-Cukai Sumbagtim memusnahkan jutaan batang rokok hingga sex toys ilegal. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) kembali memusnahkan 6 juta batang rokok ilegal hingga minuman keras hasil sitaan. Total sitaan yang dimusnahkan senilai Rp 44,8 miliar.

"Tahun ini 650 pelanggaran, ini menurun dari tahun lalu yang di atas 700 pelanggaran. Dari 650 pelanggaran itu, ada lebih dari 6 juta batang rokok ilegal yang dimusnahkan," tegas Kepala Ditjen Bea dan Cukai Sumatera Bagian Timur Dwijo Mulyono ditemui di kantor Bea dan Cukai Palembang, Rabu (23/9/2020).

Selain 6 juta batang rokok ilegal, ada pula busur panah, tembakau Gorilla, dan 125 sex toys yang dimusnahkan. Seluruh barang ilegal itu diamankan dari sejumlah operasi yang dilakukan Bea dan Cukai.

"Semua ini didapat dari operasi bersama dan penindakan terkait kepabeanan. Ada yang didapat saat melintas jalan tol, jalur air, dan warung-warung masyarakat," kata Dwijo.

"Ada tembakau Gorilla, jadi hampir semua kantor Bea-Cukai itu ada tembakau Gorilla. Kita prihatin karena lebih parah dari sabu, ada 50 gram dikirim online melalui Kantor Pos," sambung Dwijo.

Dwijo mengklaim total nilai barang bukti sitaan yang dimusnahkan seluruhnya Rp 44,8 miliar. Dari jumlah itu, total potensi kerugian negara mencapai Rp 16,8 miliar.

Kepala Bea-Cukai Palembang Abdul Haris menyebut dalam hal ini total ada enam kasus yang ditangani. Namun, dari jumlah itu, empat telah divonis dan dua lainnya kini masih dalam proses di pengadilan.

"Empat kasus sudah vonis, dua lagi masih proses di pengadilan. Untuk tembakau Gorilla, kasus sudah kita serahkan kepada pihak kepolisian, mudah-mudahan pelaku segera terungkap," tutur dia.

(ras/aud)