Usai Swab Seluruh Anggota, Komisi VIII DPR: Alhamdulillah Negatif Semua

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 14:09 WIB
Komisi VIII DPR rapat dengan Kemenag membahas anggaran 2021
Komisi VIII DPR rapat dengan Kemenag membahas anggaran 2021 (Foto: Rahel/detikcom)
Jakarta -

Komisi VIII DPR telah melakukan tes swab COVID-19 karena sempat menggelar rapat bersama Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Hasilnya, seluruh pimpinan, anggota dan staff Komisi VIII negatif.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi VIII F-PDIP, Ihsan, dalam rapat kerja bersama Kemenag di ruang rapat Komisi VIII, MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2020). Dia menyebut Komisi VIII mengadakan rapat dua hari sebelum Fachrul Razi dinyatakan positif.

"Tanggal 14 September kita baru ketemu pak (Menag) di ruangan ini berjam-jam. Tanggal 17 (Menag) dinyatakan positif. kami kemarin langsung swab tes semua. Di ruangan ini bapak lihat sampai 40 orang, negatif semua pak. Alhamdulillah," kata Ihsan.

Ihsan menyampaikan duka cita karena Fachrul terpapar COVID-19. Dia berharap Fachrul dapat segera sembuh agar bisa kembali beraktivitas menjalankan tugasnya sebagai Menteri Agama.

"Tentunya kami merasa sedih sekali ketika mendengar berita bahwa pak menteri terkena positif corona. Kita semua berdoa semoga beliau diberikan kesembuhan," ujar Ihsan.

"Semoga beliau bisa secepatnya kembali beraktivitas karena kami sangat memerlukan beliau dalam menentukan kebijakan-kebijakan strategis dimana negara ini sudah tidak kondusif lagi dengan adanya virus COVID-19," lanjutnya.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan, menjelaskan tes swab dilaksanakan pada 22 September 2020. Tes swab dilakukan terhadap pimpinan, anggota, serta staf sekretariat Komisi VIII.

"Komisi VIII kemarin telah melakukan tes swab kepada Pimpinan Komisi VIII, Anggota dan Staf Sekretariat Komisi VIII sebanyak 40 orang. Alhamdulillah, hasilnya semua menunjukkan negatif," kata Ace.

"Ya betul 22 September dan hasilnya sudah keluar hari itu juga," imbuhnya.

Untuk diketahui, Menag dinyatakan positif Corona usai swab yang dilakukan pada 17 September. Menag langsung menjalani isolasi di rumah sakit.

Kabar terkini kesehatan Menag dalam keadaan stabil. Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal melalui keterangan tertulis, Selasa (22/9/2020). Kevin mengungkapkan kondisi Menag dalam keadaan stabil. Fachrul Razi tengah beristirahat sambil memakan telur rebus.

"Alhamdulillah, progres kesehatan Menag stabil. Dari hasil pemeriksaan dokter, hingga hari ini kondisinya membaik. Update beberapa jam yang lalu, beliau sedang makan telur rebus sambil menonton TV dan meng-update informasi melalui pemberitaan media," ujar Kevin.

(hel/eva)