Round-Up

5 Fakta Napi WN China Gali Lubang Kabur dari Lapas Tangerang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 07:19 WIB
Narapidana narkoba WN China bernama Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Cai kabur dengan membuat galian yang tembus ke gorong-gorong samping lapas.
Lokasi WN China kabur dari Lapas Tangerang (Foto: Kadek Melda Luxiana)

Dicegah ke Luar Negeri

Lapas Tangerang telah bersurat ke Dirjen Imigrasi terkain napi kabur tersebut. Lapas Tangerang meminta agar WN China itu dicegah bepergian ke luar negeri.

"Pihak Lapas juga sudah mengajukan ke Direktur Jenderal Imigrasi agar yang bersangkutan dimasukkan ke daftar pencekalan orang," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti, saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

Rika menjelaskan Inspektorat Kemenkum HAM dan Tim Direktorat Pemasyarakatan memeriksa 8 warga binaan termasuk teman dan 6 petugas lapas. Adapun warga binaan yang diperiksa termasuk teman WN China yang kabur yang tinggal bersebelahan dengan sel terpidana narkoba itu.

Sementara itu, Rika menjelaskan Kalapas Kelas I Tangerang Jumadi pada saat kejadian hingga saat ini masih melakukan pendidikan. Ia digantikan sementara oleh pelaksana harian.

"Perlu kami informasikan bahwa Kalapas bapak Jumadi pada saat kejadian sampai saat ini sedang menjalankan pendidikan. Jadi yang bertugas adalah Plh atau pelaksana harian beserta tim," katanya.

Petugas-Teman Sel Napi Diperiksa


Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) turut menginvestigasi internalnya terkait kaburnya narapidana kasus narkoba warga negara China Cai Changpan dari Lapas Tangerang. Inspektorat Kemenkum HAM dan Direktorat Pemasyarakatan memeriksa teman sekamar WN China tersebut.

"Warga binaan pun sudah diperiksa sekitar 8 orang yang terkait dalam artian terkait dalam kondisi tersebut. Narapidana teman satu kamarnya, di kanan kiri kamarnya, dan yang sering kontak dengan yang bersangkutan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti, saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

Selain itu, Kemenkum HAM juga memeriksa 6 petugas Lapas Tangerang terkait peristiwa tersebut. Secara bertahap nantinya pihak yang diduga mengetahui kejadian tersebut juga akan diperiksa.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kepada petugas tentunya bertahap dan selalu ada pengembangan dan saat ini sudah diperiksa sekitar 6 orang petugas dan ini terus bertahap oleh Tim Direktorat Pemasyarakatan dan oleh Inspektorat Kementerian Hukum dan HAM," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4