Polisi Ungkap Asal Alat untuk Gali Lubang Kabur Napi Lapas Tangerang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 15:28 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Ilustrasi (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Seorang narapidana WN China, Cai Cangpan, kabur dari Lapas Tangerang dengan menggali lubang pelarian. Narapidana tersebut menggali lubang selama sekitar 5 bulan lamanya sampai akhirnya berhasil meloloskan diri.

"Kenapa bisa dapat alat? Karena dekat tempat tersebut ada pembangunan dapur dalam lapas tersebut, itu alat yang digunakan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Diduga, Cai Cangpan menggali lubang sel tersebut selama berbulan-bulan. Hal ini diketahui setelah petugas memeriksa teman satu sel narapidana kasus narkoba tersebut.

"Memang ada indikasi itu sudah cukup lama sekitar 5 bulan lebih gali tempat tersebut," imbuh Yusri.

Yusri menambahkan saat ini pihaknya mengejar pelaku tersebut. Polda Metro Jaya telah membentuk tim khusus untuk mengejar pelaku tersebut.

"Sejauh ini kita masih melakukan pengajaran, di-back up sama Ditnarkoba Polda Metro Jaya, karena memang yang bersangkutan kasus narkoba. Kita sudah koordinasi membentuk tim dengan Polres Tangsel, juga melakukan penyelidikan," katanya.

Untuk diketahui, Cai kabur dari Lapas Kelas I Tangerang dengan menggali lubang di selnya. Kalapas Kelas I Tangerang Jumadi mengatakan Cai kabur lewat samping lapas.

"(Galian lubang ke luar) samping lapas, jalan samping, Bukan lewat situ (jalan utama), di samping, dinding," kata Jumadi saat dihubungi.

Dari hasil penyelidikan, Jumadi menyampaikan ada beberapa barang yang ditemukan di dalam sel Cai. Barang tersebut di antaranya obeng dan besi.

"Ya kemarin itu peralatan yang diketemukan (di sel) sudah di bawa ke Polresta. Ya ada obeng, ada besi. Ya nanti di sana, di Polres sana," ujarnya.

Cai Cangpan kabur pada Senin (14/9) pagi. Jumadi memastikan ada lubang di dalam kamar sel Cai. Setelah ditelusuri, lubang itu terhubung ke bagian luar lapas.

(mei/mei)