Round-Up

5 Fakta Napi WN China Gali Lubang Kabur dari Lapas Tangerang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 07:19 WIB
Narapidana narkoba WN China bernama Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Cai kabur dengan membuat galian yang tembus ke gorong-gorong samping lapas.
Lokasi WN China kabur dari Lapas Tangerang (Foto: Kadek Melda Luxiana)


Berikut 5 fakta terkait kaburnya napi Cai Cangpan yang dirangkum detikcom:

Asal Besi dan Obeng untuk Gali Lubang

Polisi telah memintai keterangan sejumlah saksi, termasuk napi yang satu sel dengan Cai Cangpan. Dari keterangan saksi-saksi, polisi mengungkap asal usul besi hingga obeng yang digunakan napi untuk menggali lubang.

"Kenapa bisa dapat alat? Karena dekat tempat tersebut ada pembangunan dapur dalam Lapas tersebut, itu alat yang digunakan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Diduga, Cai Cangpan menggali lubang sel tersebut selama berbulan-bulan. Hal ini diketahui setelah petugas memeriksa teman satu sel narapidana kasus narkoba tersebut.

Gali Lubang Sejak 6 Bulan Lalu

Narapidana kasus narkoba itu diduga sudah merencanakan dengan matang aksi pelariannya itu. Napi tersebut menggali lubang tersebut sejak 6 bulan lalu.

"Ada indikasi dari keterangan awal teman sel yang bersangkutan bahwa dia sudah melakukan kurang lebih 5 sampai 6 bulan dengan menggunakan beberapa alat yang sudah kita sita," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/9/2020).

Lebih lanjut Yusri mengatakan bahwa peralatan untuk menggali lubang didapat dari dalam Lapas. Di Lapas Tangerang sedang ada renovasi dapur.

"Karena memang di dalam sel lapas itu sedang ada pembangunan dapur. Alat itu didapat dari dekat penggalian alat dapur itu," jelas Yusri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4