Arief Budiman Positif Corona, Ilham Saputra Jadi Plh Ketua KPU

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 16:17 WIB
Ilham Saputra
Ilham Saputra (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPU Arief Budiman sedang dalam masa penyembuhan karena terpapar virus Corona (COVID-19). Untuk melanjutkan tugasnya sementara, KPU menunjuk Ilham Saputra sebagai Plh Ketua untuk menggantikan Arief.

"Dalam rangka untuk memperlancar urusan tata administrasi KPU, telah diputuskan penunjukan Plh Ketua KPU, yaitu dalam hal ini Plh Ketua KPU dilaksanakan Saudara Ilham Saputra," kaya Ilham dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/8/2020).

Penunjukan Plh itu dilakukan karena Arief kini tengah dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto. Tujuannya adalah mempercepat proses pemulihan.

"Saudara Arief Budiman sebagai Ketua KPU definitif sejak tadi pagi memutuskan untuk melanjutkan perawatan ke RSPAD dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan," ujar Ilham.

Lebih lanjut, terkait anggaran pilkada, kata Ilham, sudah hampir selesai ditransfer ke KPU daerah penyelenggara pilkada. Terhitung ada 259 dari 270 daerah.

"Anggaran pilkada (NPHD) sampai hari ini Selasa, 22 September 2020, yang sudah ditransfer 100 persen ke KPU daerah penyelenggara pilkada sudah 259 (95%) daerah dari 270 daerah yang menyelenggarakan pilkada," ujarnya.

Kini KPU sedang melakukan finalisasi revisi PKPU penyelenggaraan pilkada pada masa pandemi. Sementara itu, pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) sudah mulai diumumkan hari ini hingga 28 September.

"KPU sedang finalisasi draf Revisi PKPU tentang Penyelenggaraan Pilkada Situasi COVID-19, yang pada prinsipnya membatasi dan meniadakan kegiatan yang potensial melibatkan massa dalam jumlah banyak dan potensial penyebaran COVID-19," ucapnya.

"Pengumuman DPS dilaksanakan mulai hari ini, Selasa, 22 September 2020, sampai 28 September 2020, dan dalam rangka memudahkan para pihak melakukan pelaporan tentang DPS, telah dibuka di 51.304 posko layanan pemilih yang tersebar pada masing-masing kantor 9 KPU provinsi, 309 KPU kab/kota, 4.241 PPK (kecamatan) dan 46.745 PPS (desa/kelurahan) penyelenggara pilkada," lanjut Ilham.

Simak juga video 'Sebelum Positif COVID-19, Ketua KPU ke Makassar dan Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)