Ekskavator di Kampung Melayu Terguling Saat Hendak Diangkut ke Gudang

Tiara Aliya - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 12:51 WIB
Eskavator terguling di Kampung Melayu, hancurkan tangga JPO
Potret ekskavator yang terguling dan menimpa tangga JPO Kampung Melayu. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Satu unit ekskavator milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta terguling dan menimpa tangga jembatan penyeberangan orang (JPO) di Kampung Melayu, Jakarta Selatan. Ekskavator ini terguling saat berada di atas mobil mobilisasi untuk dikembalikan ke gudang.

"Iya (tadinya buat) ngeruk sampah. Kan ada spider dua, ada truk ini buat buangnya. Karena ternyata air ini tidak terlalu tinggi ya terus sampah-sampah juga nggak banyak kan langsung larut sampai Manggarai, berarti ini tidak digunakan. Karena tidak digunakan ini mau dikembalikan lagi ke gudangnya," kata Wakil Camat Tebet Iwan K Santoso di lokasi, Selasa (22/9/2020).

Iwan mengatakan ekskavator itu sudah berada di atas mobil dan akan diangkut untuk kembali ke gudang. Namun, karena tidak stabil operator ekskavator itu pun berusaha memperbaiki posisi dan akhirnya terguling lalu menimpa tangga JPO.

"Alat berat sudah naik di atas (mobil), operator merasa posisi kurang pas dan sudah berada di atas mobil mobilisasi. Kemudian Deden membetulkan posisi di atas mobil mobilisasi dan tidak stabil/goyang-goyang yang mengakibatkan ekskavator terguling ke kiri dan menimpa JPO Kampung Melayu," ujarnya.

Ekskavator masih dalam proses penanganan sementara sambil menunggu alat crane datang.

"Saat ini didirikan dengan spider dan masih posisi bersandar di tangga JPO dan JPO ditutup sampai sampai dengan ada perbaikan. Pengawas alat berat juga sedang menghubungi gudang Cilincing untuk mendatangkan crane," ujarnya.

Akibat peristiwa ini atap dan pagar tangga JPO Kampung Melayu hancur. JPO tidak dapat digunakan sementara.

JPO Kampung Melayu Rusak Akibat Ekskavator Terguling!:

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)