Round-Up

Giliran Menteri Agama Terpapar Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 05:00 WIB
Menag Fachrul Razi
Foto: Menag Fachrul Razi. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif Corona (COVID-19). Menag kini menjalani isolasi mandiri. Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, mengungkapkan kondisi fisik Menag Fachrul Razi dilaporkan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," terang Kevin Haikal dalam keterangannya, Senin (21/9/2020).

Menag selanjutnya menjalani isolasi mandiri.

"Meskipun dalam kondisi yang baik, saat ini Menag tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. Ini bagian dari wujud komitmen beliau dalam menaati peraturan protokol kesehatan dan memutus mata rantai kemungkinan penyebaran. Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag bisa lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif, sehingga Menag dapat menjalankan tugas-tugasnya kembali," ungkap dia.

Dalam kesempatan terpisah, Juru bicara (jubir) Kementerian Agama, Oman Fathurahman, menyatakan Menag sementara ini akan berfokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan.

Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menag sudah mengkoordinasikan dan sekaligus mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

"Pelaksanaan program Kemenag, utamanya dalam ikut mencegah penyebaran COVID-19 di lembaga pendidikan agama dan keagamaan serta lembaga keagamaan menjadi perhatian Menag. Beliau minta agar itu berjalan dengan baik. Bantuan yang disalurkan juga agar tepat sasaran dan akuntabel," ujar Oman menyampaikan pesan Menag, diikuti dari keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Menag berpesan agar pelayanan dari kementerian tetap berjalan. Komunikasi dilakukan melalui mekanisme virtual.

Menurut Oman, Menag juga mengimbau masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah dengan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Oman mengungkapkan Menag melakukan dua kegiatan dalam sepekan ini sebelum dinyatakan positif Corona.
Dua kegiatan itu dilakukan pada tanggal 15 September dan 16 September 2020. Ia mengatakan pada tanggal 15 September, Fachrul Razi sempat melantik para pejabat eselon II di kantor Kemenag.

"Pak menteri itu dari Minggu kemarin tanggal 15 (September 2020) di kantor ada pelantikan pejabat eselon II. Itu sudah dilakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. dibatasi juga yang hadir," kata Oman.

Kemudian, Oman menambahkan pada tanggal 16 September 2020, Fachrul Razi melakukan kunjungan kerja ke NTB. Selepas dari NTB itu, menurut Oman, Fachrul Razi langsung menjalani tes swab dan dinyatakan positif Corona.

"Tanggal 16 itu beliau ke NTB, kunjungan kerja ke NTB satu hari dan besoknya dilakukan swab dan terkonfirmasi positif," ucap Oman.

Kemenag pun langsung tracing atau menelusuri pejabat hingga staf yang melakukan kontak langsung dengan Menag.

"Kalau di Kemenag yang dilakukan tentu saja tracing ke para pejabat dan staf yang kontak langsung dengan beliau dalam waktu tertentu pada tanggal 15 khususnya, itu sudah dilakukan dan terus masih berlangsung. Untuk rekapnya siapa saja yang dilakukan swab," kata Oman.

Ia belum mengungkapkan jumlah pejabat hingga staf yang didata tersebut. Menurutnya, semua pendataan dilakukan tim kesehatan.

"Saya jumlahnya tidak tahu persis ya karena itu tim kesehatan. Tapi yang saya tahu yang sudah tes itu negatif," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2