ADVERTISEMENT

Menag Positif Corona, Kemenag Tracing Pejabat-Staf yang Kontak Langsung

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 15:21 WIB
Menag Fachrul Razi hadiri rapat bersama Komisi VIII DPR. Sejumlah hal dibahas di rapat itu, salah satunya soal upaya pencegahan virus corona untuk jemaah haji.
Menteri Agama Fachrul Razi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) langsung tracing atau menelusuri pejabat hingga staf yang melakukan kontak langsung dengan Menteri Agama Fachrul Razi. Menag Fachrul Razi dinyatakan positif Corona setelah menjalani tes swab.

"Kalau di Kemenag yang dilakukan tentu saja tracing ke para pejabat dan staf yang kontak langsung dengan beliau dalam waktu tertentu pada tanggal 15, khususnya, itu sudah dilakukan dan terus masih berlangsung. Untuk rekapnya siapa saja yang dilakukan swab," kata Jubir Kementerian Agama Oman Fathurahman saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

Ia belum mengungkapkan jumlah pejabat hingga staf yang didata tersebut. Menurutnya, semua pendataan dilakukan tim kesehatan.

"Saya jumlahnya tidak tahu persis ya karena itu tim kesehatan. Tapi yang saya tahu yang sudah tes itu negatif," sebutnya.

Selain itu, Oman menyebut kantor Kemenag disemprot disinfektan secara rutin dan menerapkan sistem kerja shift. Ia mengatakan protokol kesehatan di lingkungan Kemenag juga diperketat.

"Kalau kemenag itu bukan sekarang saja khusus masa PSBB, baik yang pertama maupun yang kedua memang secara rutin sudah work from home 25 persen yang masuk, secara reguler dilakukan penyemprotan disinfektan itu sudah rutin, apalagi dengan kejadian ini bertambah upaya sterilisasinya," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani tes swab pada 17 September 2020. Kondisi fisik Menag Fachrul Razi dilaporkan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," terang Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, dalam keterangannya, Senin (21/9).

Fachrul Razi kini tengah menjalani isolasi mandiri. Sebelum dinyatakan positif Corona, Menag sempat melantik pejabat eselon II dan kunjungan kerja ke NTB pada 16 September 2020.

"Tanggal 16 itu beliau ke NTB, kunjungan kerja ke NTB satu hari dan besoknya dilakukan swab dan terkonfirmasi positif," ujar Oman.

(ibh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT