Warga Ngeluh Sering Banjir Gegara Danau Martubung Medan Penuh Eceng Gondok

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 18:30 WIB
Danau di Martubung, Medan penuh eceng gondok (Datuk Haris-detikcom)
Foto: Danau di Martubung, Medan penuh eceng gondok (Datuk Haris-detikcom)
Medan -

Warga mengeluhkan banjir sering terjadi di permukiman di Martubung, Medan Labuhan. Banjir, menurut warga, salah satunya dipicu danau setempat yang penuh eceng gondok.

Pantauan detikcom, Senin (21/9/2020), eceng gondok terlihat memenuhi Danau Martubung yang berada di Kelurahan Besar, Medan Labuhan. Permukaan air pun tak terlihat lagi.

Salah seorang warga, Harto, mengatakan danau tersebut merupakan tanggung jawab Pemko Medan. Danau itu juga sempat dibersihkan, namun tidak selesai.

"Beberapa bulan lalu. Dibersihkan tapi nggak apa, belum siap berhenti orang itu karena ini kan ceritanya udah diserahkan ke Pemda ini. Jadi mau dikelola semalam itu, ada COVID-19 ini kan istilahnya. Jadi tertunda," kata Harto.

Harto menyebut tanaman eceng gondok kembali berkembang dengan cepat karena pengerukan tak selesai. Akibat banyaknya eceng gondok, danau tersebut tak bisa menampung air secara maksimal.

"Nggak habis. Ya banyak semalam lah (eceng gondoknya), tapi karena nggak habis kan, kan semalam separuh ini. Jadi kembang lagi dia," sebut Harto.

Harto menyebut danau ini sebenarnya punya kedalaman sekitar 3 hingga 4 meter. Namun, eceng gondok membuat fungsi danau tersebut tak maksimal hingga air sering meluap ketika hujan turun.

"Sekarang nggak berfungsi. Ini pengaruh besar juga, cemana dibilang, limbah di sana itu, semua ke mari. Nggak memadai. Iya (kepenuhan)," ujar Harto.

"Hujan kiriman aja udah tergenang di sini. Di sini nggak hujan, hujan kiriman dari luar aja naik kemari di sini tenggelam. Banjirlah (rumah-rumah warga)," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2