Gedung KPK Disemprot Disinfektan Usai 115 Pegawai-Nonpegawai Positif Corona

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 17:32 WIB
Gedung Merah Putih KPK Disemprot Disinfektan
Gedung Merah Putih KPK Disemprot Disinfektan (Farih/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 115 orang yang terdiri dari pegawai dan nonpegawai di KPK terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Kini, gedung Merah Putih KPK, Jakarta, itu disemprot disinfektan.

Pantauan detikcom, Senin (21/9/2020) sekitar pukul 17.00 WIB, 2 petugas ber-hazmat menyemprotkan cairan disinfektan. Petugas itu berkeliling ke sejumlah ruangan.

Tampak petugas memulai penyemprotan cairan disinfektan di lobi utama gedung Merah Putih KPK. Usai di lobi utama, mereka berlanjut ke ruangan pengaduan masyarakat hingga ke ruangan pers.

Penyemprotan dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona di lingkungan KPK. Oleh karena itu, penyemprotan tersebut juga sebagai proses sterilisasi gedung.

Diberitakan sebelumnya, KPK telah melakukan tes swab terhadap 1.931 orang yang bekerja di lingkungan KPK. Hasilnya, sebanyak 115 orang terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19).

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, menjelaskan tes swab yang dilakukan KPK digelar sejak 7 hingga 14 September 2020. Tes swab ini dilakukan kepada pegawai KPK dan sejumlah pihak terkait (outsourcing, BKO Polri, TNI Pomdam Jaya, dan tahanan) yang bekerja di lingkungan KPK.

"Total Konfirmasi Positif: 115 orang (terdiri dari pegawai KPK dan pihak-pihak terkait di lingkungan KPK)," kata Ali kepada wartawan, Jumat (18/9).

Dari total kasus positif itu, sebanyak 33 orang telah dinyatakan sembuh. Jadi, masih ada 81 orang yang positif di lingkungan KPK saat ini.

"Total sudah sembuh: 33 orang," ucap Ali.

Ali menjelaskan 81 orang yang masih positif itu terdiri dari 54 pegawai KPK dan 27 orang nonpegawai. Sementara itu, ada 1 pegawai KPK yang meninggal dunia.

"Total masih positif dan dalam perawatan/isolasi mandiri 81 orang," katanya.

Pecah Rekor Lagi! Update Corona RI 21 September: 4.176 Kasus Baru:

[Gambas:Video 20detik]



(fas/maa)