115 Pegawai dan Non Pegawai di KPK Positif Corona, 33 Sudah Sembuh

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 17:26 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri
Plt juru bicara KPK, Ali Fikri (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

KPK telah melakukan tes swab terhadap 1.931 orang yang bekerja di lingkungan KPK. Hasilnya, sebanyak 115 orang terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19).

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, menjelaskan tes swab yang dilakukan KPK digelar sejak 7 hingga 14 September 2020. Tes swab ini dilakukan pada pegawai KPK dan sejumlah pihak terkait (outsourcing, BKO Polri, TNI Pomdam Jaya dan tahanan) yang bekerja di lingkungan KPK.

"Total Konfirmasi Positif : 115 orang (terdiri dari pegawai KPK dan pihak-pihak terkait di lingkungan KPK)," kata Ali kepada wartawan, Jumat (18/9/2020).

Dari total kasus positif itu, sebanyak 33 orang telah dinyatakan sembuh. Sehingga, masih ada 81 orang yang positif di lingkungan KPK saat ini.

"Total sudah sembuh : 33 orang," ucap Ali.

Ali menjelaskan 81 orang yang masih positif itu terdiri dari 54 pegawai KPK dan 27 orang non pegawai. Sementara itu, ada 1 orang pegawai KPK meninggal dunia.

"Total masih positif dan dalam perawatan/isolasi mandiri 81 orang," katanya.

Ali menyebut pelaksanaan test swab itu bagian dari mitigasi penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan KPK. Sehingga, dapat segera dilakukan langkah-langkah cepat upaya penanganannya dengan dilakukan isolasi mandiri terhadap pegawai dan pihak-pihak lain yang berada di lingkungan KPK yang positif terpapar Corona.

"Upaya lain adalah melakukan penyesuaian sistem dan jam kerja pegawai KPK dan jiga penyemprotan disinfektan secara berkala di area dalam maupun luar gedung KPK dan juga termasuk seluruh rutan cabang KPK," pungkasnya.

(fas/isa)