Pemprov DKI Bakal Bebaskan Lahan 5 Sungai dan 4 Waduk Akhir Tahun Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 14:36 WIB
Kadis SDA DKI Juaini
Kadis SDA DKI Juaini (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan membebaskan lahan 5 sungai dan 4 waduk. Pembebasan lahan akan dimulai akhir tahun ini.

"Oh ya anggarannya insyaallah sudah dicukupi, mudah-mudahan di akhir tahun ini ada lima sungai, Pesanggrahan, Ciliwung, Kali Sunter Kali Kramat, dan Kali Angke, insyaallah akan kita bebaskan," kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf, di Waduk Ria Rio, Jalan Pulo Mas Utara, Jakarta Timur, Senin (21/9/2020).

"Untuk waduk-waduk, ada Waduk Pondok Ranggon, Waduk Brigif, Waduk Ulujami, Lebak Bulus, dan yang ada berapa waduk lagi yang memang tahun kemarin belum kita tuntaskan, insyaallah di tahun ini kita selesaikan," lanjutnya.

Juaini tidak menjelaskan berapa anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk melakukan pembebasan lahan ini. Dia hanya mengatakan ada bantuan pinjaman dana untuk melakukan pembebasan lahan tersebut.

"Insyaallah saat ini ada beberapa lokasi yang sudah kita bayarkan. Contohnya di Pesanggrahan dan rencana Minggu ini di Kali Sunter, Cipinang Melayu. Insyaallah ke depan ada beberapa sungai dan waduk yang akan kita bebaskan," ujarnya.

Lebih lanjut, terkait program naturalisasi atau normalisasi sungai, kata Juaini akan dilanjutkan tahun depan. Saat ini pihaknya tengah membuat perencanaan.

"Untuk itu, normalisasi maupun naturalisasi, kita akan tetap melanjutkan. Untuk tahun 2019 kan sudah ada beberapa lokasi yang kita buat, Insya Allah di tahun 2021 mulai. Untuk 2020 ini kita masih melakukan persiapan, perencanaan, dan pembuatan gambar. Insya Allah di 2021, kegiatan naturalisasi, normalisasi kita mulai lagi," terangnya.

(eva/eva)