Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Keruk Waduk Ria Rio Jaktim

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 13:10 WIB
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Keruk Waduk Ria Rio Jaktim
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Keruk Waduk Ria Rio Jaktim (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengeruk Waduk Ria Rio di Jakarta Timur (Jaktim). Pengerukan ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir yang mungkin terjadi di musim hujan nanti.

"Waduk Ria Rio ini catchment area yang dilayani yaitu sekitar kawasan Pulo Mas. Mudah-mudahan dengan adanya pengerukan ini, bisa mengurangi beberapa lokasi-lokasi yang selama ini ada genangan maupun banjir, kita harapkan seperti itu," kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf, usai meninjau pengerukan Waduk Ria Rio, di Jalan Pulo Mas Utara, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (21/9/2020).

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Keruk Waduk Ria Rio JaktimAntisipasi Banjir, Pemprov DKI Keruk Waduk Ria Rio Jaktim Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom

Juaini mengatakan pengerukan Waduk Ria Rio sudah dilakukan sejak Maret-April lalu. Dia menjelaskan Waduk Ria Rio memiliki volume sekitar 170 m3 dengan kedalaman 5-6 meter.

"Dari rencana kedalaman 5 sampai 6 meter, karena hujan datang terus menerus, jadi sedimen lumpur selalu mengisi di waduk ini. Untuk itu maka kita melaksanakan pengerukan secara rutin. Tujuannya untuk mengembalikan posisi kedalaman dan daya tampung daripada Waduk Ria Rio ini sendiri," ujarnya.

Selain Waduk Ria Rio, Junaidi menjelaskan pengerukan-pengerukan juga dilakukan di 5 wilayah DKI Jakarta. Sekitar 50-75 waduk juga sedang dikeruk.

Selain itu, sambung dia, 13 sungai di Jakarta juga dilakukan pengerukan. Seluruh pengerjaan pengerukan yang sedang dilakukan ini, kata Juaini, ditargetkan selesai pada akhir Desember 2020 nanti dan dikerjakan secara masif.

"Ini kita lakukan demi mencegah ataupun mengurangi adanya genangan di musim hujan. Meskipun di tengah kondisi COVID yang semakin menambah terus korbannya, tapi petugas-petugas dari sudin maupun dinas, tetap melaksanakan kegiatannya," ucapnya.

Pantauan detikcom di lokasi, petugas dari Dinas SDA DKI mulai melakukan pengerukan di Waduk Ria Rio Jaktim itu sejak pagi tadi. Ada sekitar 8 alat berat jenis ekskavator amfibi yang berada di lokasi waduk melakukan pengerukan.

Dengan mengendarai alat berat itu, petugas mengangkat lumpur-lumpur dari dalam waduk. Lumpur yang diangkat itu ditaruh sementara di tepi-tepi waduk. Pengerjaan ini masih terus dilakukan.

(ibh/ibh)