Ikan Pesut yang Nyasar di Sungai Kecil Riau Berhasil Dievakuasi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 10:37 WIB
Ikan pesut masuk ke sungai kecil di Riau.
Ikan pesut yang masuk ke sungai. (Dok. BBKSDA Riau)
Pekanbaru -

Tim gabungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mengevakuasi ikan pesut yang disorientasi di sungai kecil di Riau. Setelah ditangkap, ikan pesut itu dievakuasi lewat jalur darat.

"Tim sudah berhasil menangkap ikan pesut yang mengalami disorientasi masuk di sungai kecil Segati di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Kondisinya sehat dan tetap lincah," kata Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Andri Hansen Siregar kepada detikcom, Minggu (20/9/2020).

Hansen menjelaskan, ikan pesut berhasil ditangkap dengan jaring pada Sabtu (19/9), pukul 14.20 WIB. Proses untuk menjaringnya dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Debit air yang tinggi membuat lamanya penangkapan ikan itu.

"Di lokasi malamnya turut hujan deras yang membuat sungai meluap. Walau berhasil ditangkap, tim sempat kesulitan karena derasnya air sungai," kata Hansen.

Evakuasi Ikan Pesut (DOK BBKSDA Riau)Evakuasi Ikan Pesut (DOK BBKSDA Riau) Foto: Evakuasi Ikan Pesut (DOK BBKSDA Riau)

Hansen menjelaskan, setelah ikan tersebut berhasil ditangkap, ikan itu dimasukkan dalam mobil pikap yang dikasih terpal berisi air. Ikan dimasukkan ke dalam bak mobil yang dijaga oleh 4 anggota tim.

"Mobil membawanya dengan kondisi pelan, agar ikan tersebut tidak mengalami stres berat. Pukul 17.00 WIB mobil yang membawa sampai di tepi sungai Kampar," kata Hansen.

Sebelum ikan pesut dilepas di sungai Kampar, sambung Hansen, masih dibutuhkan istirahat sejenak setelah perjalanan darat. Ini dilakukan agar ikan pesut panjang 2,2 meter dapat istirahat sejenak setelah menempuh perjalanan darat. Selain itu, untuk memulihkan kondisi ikan berat 120 Kg setelah beberapa jam perjalanan di atas mobil

"Kami melepas di sungai Kampar yang kondisinya lebih luas dan selama ini juga bagian dari habitatnya. Pukul 18.30 WIB, ikan tersebut dilepaskan, kondisi sehat dan lincah," katanya.

(cha/zap)