Sempat Semobil dengan Arief Budiman, Ketua KPU Sulsel Dikabarkan Positif Corona

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 13:15 WIB
Ketua KPU Arief Budiman memantau penyelenggaraan tes Swab di halaman kantor pusat KPU, Jakarta, Selasa (4/8/2020).
Ketua KPU Arief Budiman (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komisioner KPU RI Viryan Azis mendapat kabar Ketua KPU Sulawesi Selatan (Sulsel) Faisal Amir positif virus Corona (COVID-19). Viryan menduga Faisal Amir positif Corona akibat sempat satu mobil bersama Ketua KPU Arief Budiman.

"Iya. Memang kami dapat berita itu (Ketua KPU Sulsel positif Corona). Dimungkinkan terjadi karena Mas Arief dan Ketua KPU Sulsel satu mobil pada saat di Makassar," kata Viryan dalam telekonferensi Populi Center dan Smart FM Network yang bertajuk 'Kampanye Pilkada di Tengah Virus Corona' pada Sabtu (19/9/2020).

Namun pihak KPU belum tahu siapa orang yang pertama kali terpapar Corona. Menurut Viryan, asal mula penularan Corona masih ditelusuri.

"Yang jadi penelusuran kami sekarang adalah kira-kira siapa yang menginfeksi siapa. Apakah dari Pak Arief kepada Pak Faisal atau Pak Faisal ke Pak Arief," ujar dia.

Sebelumnya, Viryan juga mengatakan Arief Budiman sempat melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah sebelum dinyatakan positif Corona. Menurut dia, Arief Budiman sempat mengunjungi Kota Depok dan Kota Makassar.

"(Kunjungan) ke Depok dan Makassar," ucap Viryan.

Diketahui, Ketua KPU Arief Budiman dinyatakan positif virus Corona. Arief diketahui positif ketika akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Arief mengatakan pihaknya melakukan tes swab pada 17 September. Tes itu akan digunakan sebagai syarat untuk menghadiri rapat bersama Jokowi.

"Tanggal 16 September saya melakukan rapid test dengan hasil nonreaktif. Tanggal 17 September, malam hari, melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor tanggal 18 September, dengan hasil positif," kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/9).

(hel/elz)