Positif Corona, Kondisi Ketua KPU Arief Budiman OTG-Tak Ada Keluhan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 11:37 WIB
Ketua KPU Arief Budiman memantau penyelenggaraan tes Swab di halaman kantor pusat KPU, Jakarta, Selasa (4/8/2020).
Arief Budiman (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPU RI Arief Budiman dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Komisioner KPU RI Viryan Azis mengungkapkan kondisi Arief Budiman sehat serta masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Mas Arief posisinya OTG, sehat, tidak ada keluhan. Ya demikian. Sedang isolasi mandiri," kata Viryan dalam telekonferensi Populi Center dan Smart FM Network yang bertajuk 'Kampanye Pilkada di Tengah Virus Corona' pada Sabtu (19/9/2020).

Lebih lanjut Viryan mengatakan Arief Budiman sempat melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah sebelum dinyatakan positif Corona. Menurut dia, Arief Budiman sempat mengunjungi Kota Depok dan Kota Makassar.

"(Kunjungan) Ke Depok dan Makassar," ujar Viryan.

Viryan juga mengungkapkan Arief Budiman dan komisioner KPU masih terus melakukan komunikasi. Viryan mengatakan komunikasi tersebut dilakukan secara virtual.

"Ya, kita menggunakan video call. Kemudian karena kita tetap jaga jarak, karena satu kompleks, kita masih bisa berkomunikasi dengan jarak yang lumayan jauh," ucapnya.

Diketahui, Ketua KPU Arief Budiman dinyatakan positif virus Corona. Arief diketahui positif ketika akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Arief mengatakan pihaknya melakukan tes swab pada 17 September. Tes itu akan digunakan sebagai syarat untuk menghadiri rapat bersama Jokowi.

"Tanggal 16 September saya melakukan rapid test dengan hasil nonreaktif. Tanggal 17 September, malam hari, melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor tanggal 18 September, dengan hasil positif," kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/9).

Tonton video 'Sebelum Positif Covid-19, Ketua KPU ke Makassar dan Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/elz)