Round-Up

Geger Viral Wanita Gosok Bendera Merah Putih Pakai Sikat WC

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 07:03 WIB
instagram
Ilustrasi media sosial (Foto: unsplash)

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menangkap terduga pelaku di daerah Lubuk Pakam. Kasubdit Cyber Crime Dirkrimsus Polda Sumut, AKBP Bambang Rubiyanto, mengatakan terduga pelaku tersebut dibawa ke Polda Sumut untuk diperiksa.

"Yang bersangkutan sudah diamankan dan lagi dimintai keterangannya," ujar Bambang.

Belakangan, wanita yang diketahui bernama Rohmeini Purba (28) itu ditetapkan sebagai tersangka. Dia diduga melakukan penghinaan terhadap lambang negara.

"Tindak pidana setiap orang yang mencoret, menulisi, menggambari atau membuat rusak lambang negara dengan maksud menodai, menghina atau merendahkan kehormatan lambang negara dan/atau tindak pidana setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik terhadap seorang pejabat pada waktu atau karena menjalankan tugas yang sah," kata MP Nainggolan.

Rohmeini diduga melanggar Pasal 57 juncto Pasal 68 UU 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dan/atau Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU 19 tahun 2016 Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 310 juncto Pasal 316 KUHP. Rohmeini telah ditahan.

"Hasil penyidikan sementara motivasi tersangka melakukan perbuatan itu ingin mencari perhatian seluruh warga dunia atas tindakannya yang berpacaran dengan warga Malaysia," ujarnya.

Halaman

(haf/haf)