Akhyar Minta Maaf Perbaikan Jalan Rusak di Medan Tertunda Gegara Corona

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 17:31 WIB
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (Datuk Haris Molana-detikcom)
Foto: Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (Datuk Haris Molana-detikcom)
Medan -

Sejumlah warga sempat memblokir Jalan Pancing tepatnya di Simpang Martubung, Medan, gara-gara kondisi jalan yang rusak. Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, berjanji perbaikan jalan rusak tersebut dieksekusi tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Akhyar saat bertemu warga di Medan Labuhan, Jumat (18/9/2020). Dia menyebut perbaikan Jalan Pancing tertunda karena refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Corona.

"Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemko Medan, saya minta maaf atas tertundanya perbaikan Jalan Pancing. Insyaallah, perbaikan Jalan Pancing akan kita laksanakan tahun depan," kata Akhyar.

Dia menargetkan perbaikan Jalan Pancing dimulai Mei 2021. Dia berharap aktivitas warga tak lagi terganggu setelah jalan diperbaiki.

"Insyaallah, perbaikan Jalan Pancing akan dimulai Mei 2021 sehingga aktivitas masyarakat sekitar tidak terganggu akibat jalan rusak," ucapnya.

Akhyar juga menyebut Pemko Medan telah membeli lahan 12 hektare di Jalan Rawe VII, Medan Labuhan. Lahan tersebut bakal ditimbun sebelum nantinya dibangun Islamic Center.

"Memang Islamic Center fisiknya belum dibangun, tapi pra Islamic Center-nya sudah mulai dikerjakan," ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah warga memblokir akses menuju Jalan Pancing I tepatnya di simpang Martubung, Medan, Kamis (10/9). Salah satu pemicunya adalah jalan tersebut rusak dan berlubang gara-gara sering dilintasi truk berukuran besar.

Lurah Besar, Roby, mengatakan jalan yang masih rusak tersebut seharusnya tuntas diperbaiki tahun ini. Namun, katanya, terjadi refocusing anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19 sehingga perbaikan jalan yang masih rusak ditunda.

"Adanya aksi warga yang ngeluhkan jalan ini diperbaiki dan sebagian juga ada kejadian laka lintas di sini dan juga ya kondisi jalan yang berlubanglah kan yang belum dituntaskan Pemko. Karena sebelumnya kan sudah dituntaskan di belakang, jadi terkait anggaran itu yang penanganan COVID kan jadi dialihkan dia. Harusnya tahun ini dikerjakan dialihkan tahun depan," kata Lurah Besar, Roby, di Medan, Jumat (11/9).

Sebagian jalan di wilayahnya, kata Roby, sudah diperbaiki dengan dibeton. Dia mengatakan perbaikan sebagian lagi segera dilakukan.

Kondisi jalan rusak tersebut kemudian disorot oleh Ketua DPW PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat. Dia menilai masih adanya jalan rusak di Medan menjadi bukti Akhyar tak punya terobosan dalam percepatan pembangunan infrastruktur.

"Kinerjanya kurang bagus dan tidak ada terobosan yang berarti untuk membenahi infrastruktur perkotaan, seperti jalan, drainase, penghijauan, taman-taman kota, ruang terbuka untuk warga, pusat-pusat ekonomi rakyat, penataan PKL dan pasar-pasar tradisional," ujar Djarot, Jumat (11/9).

(haf/haf)