KPU-Bawaslu akan Rapat dengan Mahfud Md, Bahas Penegakan Hukum Pilkada

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 11:48 WIB
Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar
Foto: Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar. (Eva-detikcom)
Jakarta -

KPU dan Bawaslu akan menghadiri rapat di Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) siang ini. Rapat tersebut akan membahas terkait penegakan hukum Pilkada di masa pandemi COVID-19.

"Rakorsus membahas penegakan hukum dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 dalam masa Pandemi COVID-19," kata anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat dihubungi, Jumat (18/9/2020).

Rapat tersebut akan digelar pada pukul 13.00 WIB dan dihadiri dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM. Ia mengatakan adapun yang akan dibahas dalam rapat tersebut salah satunya mengenai rancangan Perppu terkait Pilkada.

"Ada juga topik ini (Perppu), rancangan Perppu pencegahan dan penegakan hukum COVID-19," ujarnya.

Namun ia belum mengetahui apa materi yang akan dibahas dalam Perppu tersebut. Sementara itu Komisioner KPU Viryan Aziz juga mengonfirmasi rapat di Kemenko Polhukam nantinya akan membahas tentang Perppu terkait Pilkada.

"Iya, tadi saya diinfokan Ketua. Pengaturan agar Pilkada bebas COVID-19," ujarnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Kapuspen Kemendagri Benni Irwan mengatakan siang ini akan ada rapat antara pemerintah dengan KPU dan Bawaslu terkait evaluasi tahapan Pilkada. Akan tetapi dia membantah akan ada rapat mengenai Perppu Pilkada.

"Hari ini memang ada rapat di Menkopolhukam jam 13.00 WIB, namun hanya rapat analisis dan evaluasi rutin tentang pelaksanaan Pilkada dalam masa pandemi COVID-19. Belum ada Perppu Pilkada," ujarnya.

Bawaslu Catat 243 Pelanggaran Protokol COVID-19, Siapkan Sanksi

Tonton juga video 'Satgas: Ada yang Positif COVID-19 Saat Daftar ke KPU':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/dhn)