Pemkab Serang Kembali Luncurkan Program Kuliah Gratis

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 21:52 WIB
Pemkab Serang
Foto: Pemkab Serang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Serang kembali memberikan program kuliah gratis atau beasiswa perguruan tinggi. Lima perguruan tinggi telah ditetapkan dan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama langsung dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Menurut Tatu, jika suatu daerah ingin maju, maka harus dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul. Maka program beasiswa digulirkan. Termasuk mempersiapkan generasi Kabupaten Serang pada usia emas atau usia dini dengan dididik oleh pendidik yang kompeten, yakni para guru PAUD diberikan beasiswa sarjana.

"Alhamdulillah, program ini berjalan baik, secara pertanggungjawaban keuangan pun bisa dipertanggungjawabkan dengan opini wajar pengecualian dari BPK," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/9/2020).

Sebelumnya, Tatu juga mengungkapkan selalu diberi kemudahan oleh Allah SWT saat menjalankan program beasiswa. Bahkan saat ada dua mahasiswa yang kesulitan biaya kuliah, sementara anggaran penerima beasiswa sudah ditetapkan.

Ia mengaku bersama Kepala Dindikbud Kabupaten Serang berinisiatif menggunakan anggaran pribadi untuk program beasiswa tersebut, tetapi Allah SWT memberikan jalan bahwa ada CSR di BPR Serang dan diberikan kepada dua mahasiswa tersebut.

"Paling yang membuat saya sedih, di akhir masa pendaftaran kami kesulitan menghubungi mahasiswa tersebut. Setelah terhubung, ia mengaku tidak memegang handphone karena sedang menggali makam saat ada warga yang meninggal. Dan ternyata, kesehariannya ia membantu orang tuanya sebagai penggali makam jika ada yang meninggal," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang penerima beasiswa Ahmad Angga Purnama yang merupakan putra pertama almarhum korban kecelakaan pesawat Lion Air pada akhir 2018 mengungkapkan terima kasihnya atas beasiswa yang telah diberikan.

"Alhamdulillah, puji syukur dan terima kasih saya ucapkan. Dulu Ibu Bupati melayat saat almarhum bapak meninggal, dan beliau merealisasikan janji memberikan beasiswa. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," ujar penerima beasiswa Fakultas Kedokteran Untirta itu.

(ega/ega)