Ini Pertimbangan Pemerintah Tetapkan 9 Provinsi Prioritas Penanganan COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 17:15 WIB
Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan update penanganan kasus pada Selasa (15/9) (YouTube Seskab)
Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito (Foto: dok. YouTube Seskab)

6. Bali

Provinsi Bali mengalami kenaikan kasus positif mingguan yang cukup signifikan selama 4 minggu berturut-turut. Kasus kematian akibat COVID-19 di Bali juga mengalami kenaikan dalam satu minggu terakhir.

"Bali juga menduduki peringkat keempat dari provinsi dengan insidensi kasus tertinggi, yaitu 171,39 per 100 ribu penduduk. Kenaikan kematian tertinggi selama 1 minggu terakhir, yaitu 72 persen," kata Wiku.

Hal itu disebut Wiku perlu menjadi perhatian untuk pemerintah daerah di Bali. Sementara itu, enam daerah di Bali berstatus zona merah.

"Dan dari sembilan kabupaten/kota, enam di antaranya merupakan zona merah dan tiga zona oranye. Ini perlu menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Bali dan seluruh pemerintah kabupaten/kota yang berada di Bali," ujarnya.

7. Kalimantan Selatan

Terdapat kenaikan kasus positif di Kalimantan Selatan. Proporsi kasus kematiannya pun mencapai lebih dari 4 persen.

"Kenaikan kasus positif sebesar 10,3 persen. Peningkatan kasus ini tinggi terdapat di Kota Banjarmasin, Kabupaten Kota Baru, dan Kabupaten Tapin. Proporsi angka kematiannya untuk Kalimantan Selatan adalah 4,16 persen," ujar Wiku.

Di sisi lain, Kalimantan Selatan mengalami perbaikan zona risiko. Wiku meminta kondisi itu terus ditingkatkan.

"Ada perbaikan signifikan dari zona risiko. Kabupaten/kota risiko tinggi berkurang menjadi 3 kabupaten/kota, dan risiko sedang menjadi 10 kabupaten/kota. Kondisi ini harus diperbaiki dari waktu ke waktu," tuturnya.

8. Sulawesi Selatan

Peningkatan kasus positif terjadi di Sulawesi Selatan selama 4 minggu sebelumnya, dan pada minggu terakhir mengalami penurunan. Terdapat 3 wilayah dengan kenaikan kasus yang signifikan.

"Dan minggu terakhir mengalami penurunan sebesar 18,7 persen dari minggu sebelumnya. Kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus signifikan yaitu Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Bone, dan Kabupaten Kepulauan Selayar," jelas Wiku.

Kota Makassar menyumbang lebih dari setengah kasus positif di Sulawesi Selatan. Wiku meminta hal itu menjadi perhatian pemerintah daerah setempat.

"Proporsi kematian sebesar 2,85 persen dan Kota Makassar menyumbangkan 55,5 persen kematian di Sulawesi Selatan dalam pekan terakhir. Kami mohon perhatian untuk Makassar, pimpinan Kota Makassar agar betul-betul dapat menekan dan menyelamatkan jiwa dari masyarakat yang tertular oleh COVID," ujarnya.

9. Papua

Kenaikan kasus terjadi secara signifikan selama 5 pekan terakhir di Papua. Angka kesembuhan pun dilaporkan menurun.

"Kenaikan kasus signifikan dalam 5 pekan terakhir, sebesar 43,2 persen dari pekan sebelumnya. Angka kesembuhannya mengalami sedikit penurunan dari pekan sebelumnya, yaitu dari 79,7 persen menjadi 76 persen. Ini harus ditingkatkan kembali agar banyak masyarakat yang bisa segera sembuh dan selamat," ungkap Wiku.

Masih ada 13 daerah yang berstatus zona hijau di Papua. Zona risiko rendah pun bertambah menjadi 8 daerah.

"Sedangkan zona hijau terdapat di 13 kabupaten/kota atau sekitar 44,83 persen, dan zona risiko sedang berkurang menjadi 8 kabupaten/kota atau 27,69 persen. Sedangkan zona risiko rendah bertambah menjadi 8 kabupaten/kota yaitu 27,59 persen," jelasnya.

Halaman

(azr/dhn)