Pemerintah: Kasus Aktif di RI Lebih Rendah Dibandingkan Dunia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 16:35 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia menyatakan kasus aktif penularan virus Corona baru (COVID-19) di Indonesia saat ini cenderung lebih rendah dibanding kasus aktif yang ada di dunia. Pemerintah mengatakan kasus aktif di Indonesia mengalami penurunan setiap minggunya.

"Kasus aktif di Indonesia cenderung mengalami penurunan setiap minggunya," kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, seperti dilihat di YouTube Setpres, Kamis (17/9/2020).

Karena terjadi penurunan setiap minggunya, Wiku mengatakan kasus aktif Corona di Indonesia lebih rendah dari dunia. Perbandingannya sekitar 24,4 persen dibanding dengan 24,5 persen.

"Kasus aktif di Indonesia lebih rendah dari kasus aktif di dunia sekitar 24,4 persen dibanding dengan 24,5 persen, dan ini fluktuatif, dan kita harus bisa menekan betul bahwa kasus aktif kita berada di bawah rata-rata dunia," ucapnya.

Wiku juga mengatakan 292 kabupaten kota hanya memiliki kasus aktif 1 sampai 50 kasus. Namun kabar buruknya adalah Wiku melaporkan ada 11 kabupaten/kota yang kasus aktif Coronanya mencapai lebih dari 1.000 kasus aktif, salah satunya di kawasan Jakarta.

"Dari 514 kabupaten/kota, proporsi terbanyak adalah kabupaten/kota dengan 1 sampai 50 kasus aktif, yaitu ada 292 kabupaten/kota atau 56,8 persen dari total keseluruhan kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Ini adalah kabar baik," katanya.

"Namun yang perlu perhatian kita adalah masih ada 11 kabupaten/kota dengan kasus aktif lebih dari 1.000, yaitu Kota Semarang, Kota Medan, Kota Bekasi, Kota Makassar, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Jakarta Timur, Kota Surabaya, dan Kota Pekanbaru," ucap Wiku.

(zap/dhn)