Satgas COVID-19: Tak Ada Kota di DKI Jakarta yang Berzona Kuning-Hijau

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 16:39 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito memaparkan data sembilan wilayah yang jadi prioritas penanganan virus Corona. DKI Jakarta salah satunya dan tercatat tidak ada wilayah yang masuk kategori zona kuning dan hijau.

"DKI Jakarta adalah peringkat kedua nasional kenaikan kasus tertinggi, merupakan peringkat pertama nasional jumlah kasus tertinggi, dan tidak ada kota yang berzona kuning maupun hijau di DKI Jakarta. Jadi ini menjadi perhatian nasional agar kinerjanya bisa diperbaiki," terang Wiku dalam jumpa pers virtual yang ditayangkan melalui YouTube, Kamis (17/9/2020).

Selain itu, Wiku memerinci data kasus Corona di wilayah Jawa Barat. Dia menyebut lima daerah, yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Depok, menjadi penyumbang kasus Corona tertinggi di Jawa Barat sebesar 70 persen.

"Lima daerah ini adalah lima daerah penyangga DKI Jakarta yang berasal dari Jawa Barat," kata Wiku.

Jawa Barat, kata Wiku, juga tidak ada kabupaten/kota yang berzona hijau. Kenaikan kasus positifnya disebut sebesar 9,3 persen selama sepekan terakhir ini.

"Perlu menjadi perhatian agar betul-betul kondisi terutama daerah yang menempel di DKI Jakarta dapat diturunkan kasusnya agar memperbaiki kinerja Provinsi Jawa Barat," jelas Wiku.

(idn/dhn)