Pada 1998, Pam Swakarsa Adalah Kelompok Pro-pemerintah Penghalau Demonstran

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 13:51 WIB
Ilustrasi PAM Swakarsa tahun 1998. (Associated Press)
Foto Ilustrasi PAM Swakarsa Tahun 1998 (Associated Press)
Jakarta -

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengatakan Peraturan Kapolri soal Pengamanan (Pam) Swakarsa bisa membangkitkan ketakutan masa lalu era 1998. Polri menyatakan Pam Swakarsa kini berbeda dengan yang dahulu. Di era 1998, Pam Swakarsa disebut-sebut sebagai organ penguasa menekan demonstran. Begini cerita lengkapnya.

Kini Pam Swakarsa punya dasar aturan khusus, yakni Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020. Bila dirunut asal-usulnya, Pam Swakarsa adalah kelompok yang bertentangan dengan demonstran era 1998.

Berdasarkan catatan yang dikumpulkan detikcom hingga Kamis (17/9/2020), cerita asal-usul Pam Swakarsa cukup beragam, tergantung siapa yang berbicara. Namun setidaknya ada benang merah dari banyak cerita itu, yakni Pam Swakarsa adalah pro-Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibe.

Latar belakang sejarah ini adalah gelaran Sidang Istimewa MPR pada 10-13 November 1998. Agenda sidangnya adalah menentukan pemilu berikutnya dan membahas pemerintahan.

Saat itu, mahasiswa dan kelompok pro-demokrasi menolak pihak pemerintah dan parlemen yang masih sarat dengan politikus Orde Baru. Para demonstran mahasiswa dan kelompok pro-demokrasi menolak Sidang Istimewa MPR. Para demonstran juga menolak dwifungsi ABRI.

Muncullah kelompok yang sama sekali bertolak belakang dengan sikap para demonstran. Kelompok itu adalah Pam Swakarsa yang pro-Habibie dan ingin mengamankan Sidang Istimewa (SI) MPR.

"Para pendukung terselenggaranya SI MPR dan para pendukung Presiden Habibie mulai melakukan kegiatan mereka berupa pawai maupun apel di lapangan. Berikutnya, entah dari mana asalnya mereka ini kemudian dinamai Pam Swakarsa. Padahal pengertian Pam Swakarsa tidaklah demikian," kata Wiranto dalam buku 'Bersaksi di Tengah Badai'.

Ilustrasi PAM Swakarsa tahun 1998. (Associated Press)Ilustrasi PAM Swakarsa tahun 1998. (Associated Press)

Lihat juga video 'FPI Bandingkan Sosok Pemimpin dengan Uha Manusia Gorong-gorong':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3