Hasil Tes Swab Keluar, Dewas KPK Albertina Ho Negatif

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 10:33 WIB
ilustrasi KPK
Gedung KPK (Foto: dok detikcom)
Jakarta -

Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah menjalani tes swab Corona setelah sempat kontak dengan pegawai KPK yang positif Corona. Lalu, bagaimana hasilnya?

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, menjelaskan hasil tes swab anggota Dewas KPK belum semua keluar. Dari hasil tes swab itu, baru anggota Dewas KPK, Albertina Ho, yang telah dinyatakan negatif Corona.

"Sejauh ini berdasarkan informasi yang kami terima, baru hasil swab Bu Aho (Albertina Ho) dengan hasil negatif," kata Ali, kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Sementara itu, ada 2 anggota Dewas KPK lagi yang belum keluar hasil tesnya. Mereka adalah Syamsuddin Haris dan Tumpak Hatorangan Panggabean.

"Untuk yang lain masih menunggu hasilnya," ujar Ali.

Seperti diketahui, putusan sidang etik Ketua KPK, Firli Bahuri, batal digelar karena ada anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang terlibat kontak dengan pegawai KPK yang positif Corona. Anggota Dewas KPK tersebut akan menjalani tes swab hari ini.

"Anggota Dewas dan semua pegawai di sekretariat Dewas (jalani swab)," kata Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (15/9).

"Yang sudah akan swab diutamakan anggota majelis etik karena kemarin kan terus berinteraksi dengan pegawai tersebut Pak THP (Ketua Dewas KPK, Tumpak Panggabean), Bu AH (Albertina Ho), dan Pak SH (Syamsuddin Haris)," lanjutnya.

Ali menjelaskan pegawai yang dinyatakan positif Corona itu sebelumnya pernah menjalani tes swab massal di KPK. Meski tak disebutkan namanya, pegawai itu sempat bertemu dengan pegawai lain dan anggota Dewas KPK.

"Salah satu pegawai yang (positif) kemarin ikut swab massal di KPK. (Berkontak) dengan pegawai lainnya dan juga anggota Dewas," ucap Ali.

(fas/ibh)