Cegah COVID, Polres Pelabuhan Tj Priok Tindak 42 Pelanggar Tak Pakai Masker

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 18:54 WIB
Operasi Yustisi Polres Pelabuhan Tanjung Priok Rabu (16/9)
Operasi yustisi Polres Pelabuhan Tanjung Priok Rabu (16/9). (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan operasi yustisi dalam rangka pencegahan penularan COVID-19. Ada 42 orang pelanggar yang ditindak dengan sanksi sosial hingga membayar denda.

Agenda ini dilaksanakan di sembilan titik di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (16/9/2020). Operasi yustisi ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan kembali pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta menjelaskan operasi yustisi ini dilakukan mengingat perkembangan penyebaran COVID-19 yang masih mengkhawatirkan. Dia menyebut diperlukan langkah penegakan hukum agar ada efek jera.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun kesadaran kolektif penggunaan masker yang sudah disosialisasikan secara terus menerus. Mengingat perkembangan COVID-19, diperlukan langkah penegakan hukum terhadap masyarakat yang masih belum memiliki kesadaran akan pentingnya menggunakan masker," kata Ahrie kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Operasi Yustisi Polres Pelabuhan Tanjung Priok Rabu (16/9)Sanksi sosial bagi pelanggar PSBB (16/9). (Foto: dok. Istimewa)

Operasi yustisi ini berlangsung di sejumlah titik. Mulai dari Pos 1, 8, dan 9 Pelabuhan Tanjung Priok, Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke, pintu masuk Pelabuhan Tradisional Sunda Kelapa, dan pintu masuk Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman Muara Baru. Tim juga bergerak ke Terminal Penumpang Pelni, serta Kade Barat dan Selatan Pelabuhan Kalibaru.

Personel operasi yustisi ini bukan hanya dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok, tapi juga ikut serta personel Ditpolair Polda Metro Jaya, Kodim 0502 Jakarta Utara, Satpol PP Jakarta Utara, Dishub, PSFO, Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, dan Otoritas Pelabuhan. Personel dari Pengadilan Jakarta Utara dan Kejaksaan Jakarta Utara juga turut serta.

"Ini bentuk sinergi, kebersamaan antar-instansi, karena kita tahu bersama Presiden Jokowi, juga Kapolri berulang kali menekankan bahwa semua pihak harus kerja keras, kerja ekstra dalam menangani pandemi COVID-19 ini," ucapnya.

Operasi Yustisi Polres Pelabuhan Tanjung Priok Rabu (16/9)Operasi yustisi Polres Pelabuhan Tanjung Priok Rabu (16/9). (Foto: dok. Istimewa)

Dari hasil operasi yustisi tersebut, lanjut Ahrie, didapatkan 42 orang pelanggar. "Dari sidang yang dilaksanakan di tempat, ada 41 orang yang diberi sanksi sosial, di antaranya dengan menyapu jalan. Ada juga 1 orang yang memilih membayar denda," katanya.

"Selain itu, jajaran personel di lokasi juga mengimbau masyarakat, pedagang, pengguna jasa pelabuhan, sopir dan kernet truk, serta driver ojek agar selalu mempedomani protokol kesehatan, yaitu 4M: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan. Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan aman dan lancar," sambungnya.

(hri/lir)