Satgas COVID-19 Ingatkan Sinergitas Antardaerah, Singgung Jabodetabek

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 17:15 WIB
Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan update penanganan kasus pada Selasa (15/9) (YouTube Seskab)
Jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, menyampaikan update penanganan kasus pada Selasa (15/9). (YouTube Seskab)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengingatkan perlunya sinergi antardaerah, terutama yang bersebelahan dalam mengendalikan penyebaran virus Corona. Satgas COVID-19 mengambil contoh sinergi DKI Jakarta dengan daerah penyangganya.

"Kami ingatkan juga perlunya sinergitas antardaerah, terutama yang bersebelahan. Dalam hal ini, contoh yang perlu kita perhatikan bersama adalah daerah penyanggah di sekitar DKI Jakarta yaitu Bodetabek Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi baik kota maupun kabupaten," kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/9/2020).

Dia mengatakan sinergi bisa dilakukan salah satunya menekan mobilitas masyarakat. Turunnya mobilitas masyarakat, lanjutnya, bisa ikut menekan laju penyebaran COVID-19.

"Karena di daerah ini aktivitas masyarakatnya saling memiliki mobilitas yang tinggi dengan DKI Jakarta. Maka dari itu, pemerintah daerah betul-betul bisa menekan mobilitas penduduk agar potensi penyebaran bisa dicegah," ujar Wiku.

Metode penanganan COVID-19 di Bodetebek (YouTube Sekretariat Presiden)Metode penanganan COVID-19 di Bodetebek (YouTube Sekretariat Presiden)

Selain itu, Wiku mengingatkan soal koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Koordinasi ini perlu dilakukan secara rutin.

"Tentunya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan secara rutin agar kondisinya dapat terkendali dan setiap bantuan yang diperlukan pemerintah daerah dapat dikerahkan dari pemerintah pusat maupun juga bantuan kebijakan dan peraturan dari daerah sekitarnya," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2