Beda PSBB Jakarta vs PSBM Bodebek

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 16:36 WIB
Poster
Gambar ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Anies Baswedan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Jakarta, sedangkan Gubernur Ridwan Kamil menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) untuk Bogor Depok dan Bekasi (Bodebek) Jawa Barat. Ini perbedaan PSBB dan PSBM di kedua kawasan yang berdekatan ini.

Sebagaimana diketahui, PSBB Jakarta diterapkan mulai 14 September kemarin hingga dua pekan ke depan. Adapun PSBM diterapkan di kawasan penyangga Jakarta yang masuk daerah administrasi Provinsi Jawa Barat.

Berikut adalah perbedaan antara PSBB Jakarta dengan PSBM Bodebek, dihimpun dari pemberitaan detikcom hingga Selasa (15/9/2020).

I. Dasar Hukum

PSBB Jakarta
- Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020 tentang Perubaha Atas Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta, ditandatangani Anies 11 September 2020.

PSBM Bodebek
Surat Edaran Gubernur Jabar Nomor 443/134/Hukham tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penularan COVID-19, ditandatangani Ridwan Kamil pada 12 September 2020, ditujukan terutama untuk Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Depok, dan Bekasi.

II. Arti

PSBB:
Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19 sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 (Permenkes No 9 Tahun 2020)

PSBM:
Pembatasan sosial terhadap Rukun Warga (RW) yng memiliki penularan tinggi. Arti PSBMK ini sempat dijelaskan Bima Arya selaku Wali Kota Bogor, kawasan yang terhubung dengan Jakarta.

"Jadi, RW yang merah akan dibatasi aktivitasnya atau semi-lockdown RW-RW yang merah," kata Bima dalam jumpa pers di Balai Kota Bogor, Jumat (28/8).

Gubernur Ridwan Kamil menyatakan bentuk PSBM bisa berupa pembatasan skala kelurahan. Penerapan pembatasan sosial seperti ini pernah diterapkan untuk mengendalikan penularan virus Corona klaster Secapa TNI AD, di Kelurahan Hegarmanah.

Tonton video '7 Beda PSBB dengan PSBM dalam Menghadapi Pandemi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3