Terjaring Razia Masker, Warga Dihukum Bersih-bersih Lapangan Merdeka Medan

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 13:04 WIB
Pelanggar protokol kesehatan di Medan dihukum
Pelanggar protokol kesehatan di Medan dihukum. (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Personel gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP kembali melakukan razia masker di Lapangan Merdeka, Medan. Warga yang kedapatan tidak menggunakan masker akan diberi sanksi membersihkan Lapangan Merdeka.

Pantauan detikcom di lokasi pada Selasa (15/9/2020) pukul 12.10 WIB, warga yang tidak menggunakan masker terlebih dahulu disidang di lokasi operasi. Hakim yang berada di lokasi memutuskan memberi sanksi membersihkan Lapangan Merdeka.

Warga yang diberikan sanksi itu terlihat menyapu sampah-sampah yang ada di Lapangan Merdeka. Selain itu, dia diminta menggunakan badge bertulisan 'saya tidak pakai masker'.

Selain diminta membersihkan Lapangan Merdeka, ada pelanggar yang diminta menyanyikan lagu kebangsaan. Pelanggar juga diminta membacakan Pancasila dan KTP-nya ditahan selama 3 hari.

Di Lapangan Merdeka ini, ada empat titik razia masker. Lokasi pertama di depan Pos Unit Satlantas Polrestabes Medan, lokasi kedua di depan Kantor Pos Medan, lokasi ketiga di depan Stasiun Kereta Api Medan, dan lokasi keempat di pintu masuk Lapangan Merdeka, Jalan Pulau Pinang, Medan.

Pelanggar protokol kesehatan di Medan dihukumPelanggar protokol kesehatan di Medan dihukum. (Ahmad Arfah/detikcom)

Operasi Yustisi sebagai upaya menangkal penyebaran virus Corona (COVID-19) ini digelar sejak semalam, Senin (14/9). Hal ini dilakukan untuk memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat.

"Polda Sumatera Utara akan menggelar operasi Yustisi untuk menekan penyebaran COVID-19. Warga pun harus bersiap menggunakan masker saat ke luar rumah dan menerapkan protokol kesehatan," tutur Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja, Senin (14/9).

Tatan mengatakan pelaksanaan Operasi Yustisi ini akan dilakukan di seluruh wilayah Sumut. Pelanggar akan diberi sanksi sosial.

"Akan diberikan sanksi sosial bagi pelanggar. Bisa bersih-bersih atau yang memberikan efek pembelajaran," ujarnya.

Tonton video 'Buka Masker Buat Merokok, Pemotor Ini Harus Mengecat Trotoar':

[Gambas:Video 20detik]



(elz/ear)