Jakarta PSBB Ketat, DMI Imbau Masjid Tak Gelar Salat Jumat

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 13:02 WIB
Salat Jumat di Masjid Nurul Islam, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Jumat (26/6/2020).
Ilustrasi Salat Jumat di Jakarta (Foto: Tim detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI kembali memberlakukan kebijakan PSBB di Ibu Kota. Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat mengimbau pengurus masjid meniadakan salat Jumat.

"Agar DKM dan takmir masjid meminimalisasi/menghentikan sementara kegiatan yang melibatkan jemaah, termasuk salat Jumat sampai PSBB dicabut kembali," kata Ketum DMI Pusat Jusuf Kalla (JK) dalam keterangannya, Selasa (15/9/2020).

JK juga meminta masjid-masjid di DKI menjaga sanitasi dan secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan. Masjid yang terletak di kawasan padat penduduk, sebut JK, diimbau untuk tutup sementara.

"Agar masjid di luar kompleks perumahan, masjid di lokasi padat penduduk, masjid pasar, dan masjid kategori transit/persinggahan ditutup sementara," ujar JK.

Sementara itu, masjid yang berada di dalam kompleks boleh dibuka tapi terbatas hanya bagi warga kompleks. Warga di luar kompleks diimbau beribadah di rumah.

Mantan Wapres RI itu meminta seluruh pengurus masjid dan jemaah agar mematuhi kebijakan PSBB ketat DKI sesuai arahan gubernur.

"Agar pimpinan DMI, DKM, takmir masjid dan jemaah menaati keputusan Gubernur DKI Jakarta dalam pemberlakuan PSBB yang dimulai 14 September 2020," ujar JK.

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI akan mengatur pembukaan rumah ibadah selama PSBB. Rumah ibadah raya tak diizinkan beroperasi karena berpotensi menjadi pusat penularan Corona.

"Penyesuaian tempat ibadah bagi warga setempat masih boleh digunakan asal menerapkan protokol yang ketat. Artinya rumah ibadah raya yang jemaahnya datang dari mana-mana bukan dari lokasi setempat, seperti masjid raya tidak dibolehkan dibuka, harus tutup," kata Anies dalam tayangan YouTube Pemprov DKI, Rabu (9/9).

Simak video '221 Pelanggar di Hari Pertama PSBB Ketat DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)