Bicara Nasionalisme, Ma'ruf: Jangan Bawa Pikiran di Luar NKRI

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 10:22 WIB
Wapres Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Ma'ruf mengatakan NKRI adalah keputusan yang tak bisa ditawar. Dia menegaskan tak ada sistem lain dan pemikiran lain di luar NKRI.

"Oleh sebabnya mengapa negara kita bentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. NKRI adalah sebuah kesepakatan pendiri bangsa, dengan Pancasila sebagai dasarnya. Oleh sebab itu bagi saya Pancasila dan NKRI adalah kesepakatan nasional yang harus kita jaga. Sehingga kita tidak boleh membawa sistem lain selain NKRI tersebut, jangan ada yang membawa pikiran-pikiran di luar NKRI karena NKRI sudah final," katanya.

Kepada mahasiswa baru ini Ma'ruf juga berpesan agar senantiasa bersyukur dan tak menyia-nyiakan kesempatan. Wujud dari rasa syukur itu adalah dengan bekerja keras dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu.

"Bagi adik-adik sekalian saya juga ingin menitipkan pesan pertama jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati pendidikan tinggi. Ini adalah karunia Allah dan bentuk rasa syukur anda adalah dengan belajar dan kerja keras agar Anda dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan," tandasnya.

Halaman

(lir/hri)