Pengacara Pastikan Hadi Pranoto Hadir Pemeriksaan 24 September: Saya yang Antar

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 08:40 WIB
Penjelasan Pengacara soal Penamaan Obat Corona oleh Hadi Pranoto
Hadi Pranoto dan Kuasa Hukum (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Kuasa hukum Hadi Pranoto, Tonin Singarimbun, mengatakan kliennya akan menghadiri pemeriksaan terkait dugaan penyebaran hoax 'obat Corona' pada 24 September mendatang. Tonin menyebut tanggal tersebut adalah permintaan dari pihaknya.

"Jadi tanggal 23 atau 24 itu berdasarkan surat kami kepada penyidik, jadi bukan surat panggilan," kata Tonin saat dihubungi, Senin (14/9/2020).

Tonin mengatakan Hadi meminta waktu kepada penyidik untuk pemulihan. Jadi, pada 24 September nanti, ia bisa memenuhi panggilan untuk menjalani pemeriksaan.

"Saya yang minta tanggal 23 dan 24. Bukan dari beliau. Karena kan minggu ini Mas Hadi masih proses (recovery), supaya besok itu 5, 10 jam kuat dia. Beliau itu kalau sudah sakit itu badannya basah," tuturnya.

Tonin mengatakan klienya siap diperiksa. Dia menyebut pada 24 September nanti dia akan mendampingi Hadi dalam pemeriksaan.

"Jadi kapan pun mau diperiksa nggak masalah. Jadi tanggal 23 atau 24 itu dengan harapan tidak ada kendala kesehatan dan PSBB. Saya yang mengantar, iya (hadir), saya yang mengantar langsung. Tanpa ada surat panggilan, tanpa ucapan dalam berita press release saya pun datang dengan Mas Hadi. Orang surat pengacara kan berharga," jelasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya kembali mengagendakan pemeriksaan Hadi Pranoto pada pekan depan. Dijadwalkan, Hadi akan diperiksa paling lambat pada 24 September.

"Rencananya di tanggal 23 atau 24 (September) paling lambat, yang bersangkutan kita layangkan surat dan direncanakan untuk hadir lagi di sini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/9).

"Harapan kita Saudara HP kooperatif, karena kemarin sudah dilakukan pemeriksaan, dia minta ditunda karena sakit. Kita minta itu diselesaikan, dan harapan kita yang bersangkutan bisa datang ke sini untuk dilakukan pemeriksaan. Ini masih setengah kan (pemeriksaan), nah tanggal 23 (September) atau 24 (September) itu dilanjut," terang dia.

Tonton video 'Polisi Akan Panggil Hadi Pranoto Lagi untuk Lanjutkan Pemeriksaan':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/aud)