Round-Up

Gowes Rombongan Pesepeda di Tol Jagorawi Berbuntut Ancaman Pidana

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 08:01 WIB
Pesepeda masuk tol
Pesepeda masuk tol. (Foto: Screenshot Video Viral)
Jakarta -

Polisi telah mengidentifikasi rombongan pesepeda yang masuk ke Jalan Tol Jagorawi. Beberapa pesepeda telah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

Dari pemeriksaan salah satu tim rombongan tersebut, diketahui bahwa pesepeda itu bukan merupakan sebuah komunitas sepeda. Mereka mengakses jalan tol setelah kembali pulang dari sebuah kedai kopi yang sedang 'hits' di Caringin, Kabupaten Bogor.

"Jadi gini, soal tindak lanjutnya kami lagi mendalami, tapi memang sudah ada titik terang. Tadi kami sudah mendatangi salah satu timnya, tapi dia tidak ikut ke tol. Dia ikut di jalan arterinya, jalan perkampungan," kata Kepala Induk PJR Tol Jagorawi Korlantas Polri Kompol Fitrisia Kamila Tasran ketika dihubungi wartawan, Senin (14/9/2020).

Rombongan pesepeda tersebut baru pulang mengunjungi sebuah kedai kopi di kawasan Bogor yang sedang 'hits'.

"Ini sedang kami lidik lanjut. Ini bukan komunitas hanya teman ke teman. Jadi dia bukan komunitas, hanya kenalan aja. Jadi dia bukan komunitas sepeda, tapi yang ini ngajak ini, terus yang ini ngajak ini kayak gitu loh," jelasnya.

"Jadi mereka mau ke (menyebut kedai kopi, red). Dari rest area lewat jalan kampung sebelah rest area itu menuju ke situ (kedai kopi, red). Jadi tidak melewati tol seharusnya. Tapi ada beberapa orang ini yang motong jalan lewat tol. Makanya kita lagi datangi rumah bapak yang ngadain sepeda ini dengan menghadirkan teman-temannya yang kemarin lewat tol," sambungnya.

Kamila mengatakan para pesepeda itu terancam dijerat dengan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan karena memasuki jalan tol.

"Jadi untuk UU Lalu Lintas kita belum ada khusus mengatur sepeda di jalan tol. Tapi kalau sepeda di jalan umum ada. Jadi kita kenakan di Pasal 63 ayat 6 UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Nanti yang manggil itu lewat Polres ya, Reskrim, jadi masuknya pidana," kata Kamila ketika dihubungi wartawan, Senin (14/9).

Tonton video 'Pesepeda Masuk Tol Jagorawi Minta Maaf: Saya Siap Terima Sanksi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2