Perpanjangan Pendaftaran Ditutup, 3 Pilkada di Sumut Diikuti Calon Tunggal

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 12:42 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi (Zaki Alfarabi-detikcom)
Medan -

Masa perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon untuk Pilkada empat daerah di Sumatera Utara (Sumut) sudah ditutup. Tiga daerah bakal diikuti calon tunggal.

"Pendaftaran bapaslon di masa perpanjangan di Sumut yakni Kabupaten Serdang Bedagai. Terdapat 1 bapaslon yang mendaftar tanggal 12 September," kata Komisioner KPU Sumut, Batara Manurung, saat dimintai konfirmasi, Senin (14/9/2020).

Batara mengatakan bakal paslon yang mendaftar di KPU Sergai saat masa perpanjangan pendaftaran ialah Soekirman- Tengku Ryan. Paslon ini didukung oleh tiga partai yakni PAN, NasDem dan PKS.

Sementara, ada tiga daerah yang hanya terdapat satu bakal paslon untuk Pilkada. Paslon tunggal ini terjadi usai tak ada lagi pendaftar yang datang ke KPU saat masa perpanjangan pendaftaran.

"Kota Pematangsiantar, Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan) tidak ada pendaftar," sebut Batara.

Sebelumnya, pilkada 2020 di Sumut akan berlangsung di 23 kabupaten/kota. Dalam catatan KPU Sumut, ada 64 bakal pasangan calon yang telah mendaftarkan diri ke KPU di tiap kabupaten/kota.

Dari 23 kabupaten/kota itu, awalnya ada empat daerah yang bakal pasangan calonnya hanya satu. Setelah perpanjangan pendaftaran digelar, ada tambahan satu paslon di Sergai. Berikut daftar para bakal paslon di Pilkada se-Sumut (nomor bukan merupakan nomor urut):