Kepastian PSBB DKI Jakarta Akan Diumumkan Besok Siang

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 18:53 WIB
Surabaya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat akan membantu penanganan kasus Corona di Jatim. Khususnya di 7 wilayah yang masuk zona merah.
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan pengumuman pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta akan disampaikan ke publik, Minggu (13/9) besok. Saat ini Pemprov DKI dan pemerintah pusat masih rapat menentukan PSBB Jakarta.

"Untuk PSBB yang sudah diumumkan oleh Gubernur DKI, secara resmi besok akan disampaikan kepada media sekitar pukul 13.00 WIB," kata Doni dalam siaran langsung via akun YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (12/9/2020).

Rapat mengenai keputusan PSBB DKI Jakarta masih dibahas oleh Pemprov DKI dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Rapat berlangsung dari saat ini hingga esok hari. Keputusan akhir akan diambil.

"Malam ini sampai besok pagi, sehingga pengumuman yang disampaikan ke masyarakat ada sebuah kepastian, harmonisasi antara kepentingan pusat dan daerah," kata Doni.

Doni menegaskan pemerintah mengutamakan kesehatan masyarakat. Saat ini memang belum ada kepastian apakah DKI akan menerapkan PSBB atau tidak. Pemerintah pusat lebih menginginkan pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas (PSBMK).

"Kita harus berusaha semaksimal mungkin bekerja sama agar upaya pencegahan ini harus menjadi tujuan utama kita. Komunitas perlu menjadi ujung tombak, perlu menjadi garda terdepan. Jangan kita biarkan dokter rumah sakit menjadi garda utama. Mereka harus menjadi benteng terakhir agar kita bisa menyelamatkan tenaga-tenaga dokter, tenaga kesehatan lainnya, para perawat. Kita tidak ingin kehilangan dokter lebih banyak lagi," kata Doni.

Tonton juga 'Respons Pemerintah Pusat soal PSBB DKI':

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/idh)