Perjalanan Kasus Idrus Marham hingga Bebas dari Bui

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 10:47 WIB
Blak-Blakan Bersama Menteri Sosial Idrus Marham
Idrus Marham bebas dari penjara setelah menjalani 2 tahun vonis. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Idrus Marham menghirup udara bebas setelah menjalani 2 tahun divonis penjara terkait kasus korupsi proyek PLTU Riau-1. Kasus ini yang sebelumnya membuat Idrus mengundurkan diri dari Mensos Kabinet Kerja Jokowi-JK.

Idrus resmi bebas dari penjara pada Jumat (11/9) pagi. Idrus dibebaskan dari LP Kelas I Cipinang, Jakarta.

"(Idrus Marham) telah dibebaskan pagi ini, 11 September 2020, dari Lapas Kelas I Cipinang," kata Kabag Humas dan Publikasi Ditjen Pemasyarakatan Rika Aprianti kepada wartawan, Jumat (11/9).

Idrus divonis 2 tahun penjara setelah kasasinya dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA). Idrus pun telah membayar hukuman denda yang dijatuhi oleh majelis hakim.

Berdasarkan catatan detikcom, Idrus sempat terjerat kasus korupsi proyek PLTU Riau-1 pada Agustus 2018. Berikut perjalanan kasus Idrus Marham:

Tahun 2018

- 24 Agustus Pagi: Mundur dari Mensos

Secara mendadak, Idrus Marham menghadap Presiden Jokowi pada Jumat (24/8/2018). Idrus Marham mengajukan pengunduran dirinya sebagai Mensos kepada Jokowi saat itu. Saat mengundurkan diri, KPK belum mengumumkan kasus yang menjerat eks Sekjen Golkar tersebut.

"Jadi kalau misal saya tersangka dan masih ini, itu kan tidak etis dan secara moral tidak bisa diterima. Dan sekaligus saya ingin berkonsentrasi ya mengikuti proses hukum yang ada di KPK sesuai aturan yang ada dan sebaik-baiknya," ujar Idrus.

Sore harinya, Idrus digantikan Agus Gumiwang Kartasasmita. Agus Gumiwang merupakan politikus Golkar yang kini menjabat Menteri Perindustrian.

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4