Round-Up

Tawaran Dunia Takkan Bisa Buka Cadar Peserta MTQ yang Viral

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 23:04 WIB
Seorang wanita yang menjadi peserta menolak saat diminta melepas cadar saat mengikuti MTQ ke-37 Sumatera Utara (Sumut). Wanita itu memilih untuk didiskualifikasi daripada membuka cadarnya.
Peserta MTQ Sumut, Muyyassaroh (20detik)

Fakta yang juga menarik, ternyata, sekeluarga Muyyassaroh juga merupakan hafiz. Selain Muyyassaroh, 8 saudara kandungnya juga hafiz 30 juz.

"Mereka itu ada 11 orang bersaudara, 9 hafiz 30 juz, 2 lagi sekitar 12 juz," ungkap Abdul.

Selain hafiz, Muyyassaroh disebut mahir membaca kitab kuning. Namun, karena kejadian di MTQ ke-37 Sumut, Muyyassaroh sempat mengaku tidak ingin mengikuti MTQ lagi.

"Sampai sekarang dibudayakan majelis taklim, membaca kitab kuning. Kalau dia membaca kitab kuning ya udah biasa aja. Kemarin dia bilang nggak mau ikut lagi," terang Abdul.

Dewan hakim MTQ ke-37 Sumut pun mengaku khilaf karena telah mendiskualifikasi Muyyassaroh. Namun, 'nasi sudah menjadi bubur', Muyyasaroh, seperti disampaikan Abdul, tak mau tampil lagi.

"Ada klarifikasi dari dewan pengawas dewan hakim. 'Memohonlah kami ustaz suruhlah peserta ustaz itu tampil lagi. Kapan dia mau, mau pagi ini, mau nanti malam, mau besok pagi nggak ada masalah. Mengaku salah lah kami dewan hakim, ternyata yang kami lakukan tadi khilaf. Karena peraturan ini secara nasional, tapi tidak ada secara tertulis', kata beliau ke kita," ujar Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Labuhanbatu Utara (Labura), Muhammad Yusuf Tanjung.

Halaman

(zak/zak)