Semboyan Partai Baru Amien Rais: Lawan Kezaliman, Tegakkan Keadilan!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 21:06 WIB
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tengah) bersiap memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/4/2019). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan dari empat orang saksi salah satunya yaitu Amien Rais. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Amien Rais (Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta -

Politikus senior Amien Rais memang masih merahasiakan nama partai barunya. Namun, soal asas dan semboyan partai, Amien bicara blak-blakan.

Asas dan semboyan partai barunya disampaikan Amien dalam sebuah video yang diunggah di akun YouTube Amien Rais Official, Kamis (10/9/2020). Amien mengatakan asas dan semboyan itu akan selalu mengiringi langkah partainya.

"Nah, sebagai informasi dan kesepakatan itu bisa saya sampaikan di sini, terutama soal asas dan semboyan perjuangan yang akan membimbing aksi kiprah, aktivitas, gerakan, gebrakan, perjuangan dan pengorbanan kami semua. Asas partai adalah Islam rahmatan lil alamin, Islam melarang diskriminasi atas dasar apa pun," kata Amien seperti dalam video.

"Sementara semboyan kami adalah 'lawan kezaliman dan tegakkan keadilan'," imbuhnya.

Amien mengungkapkan asas dan semboyan partai ditetapkan atas kondisi dan situasi yang ada. Politikus berjuluk 'Bapak Reformasi' itu menyebut kalangannya saat ini merasakan kehidupan yang merana.

"Lapisan kaum duafa dan mustadhafin di kalangan kita merasakan benar kehidupan yang merana, baik yang miskin secara kultural dan miskin secara struktural. Mereka ingin melihat masa depan yang lebih cerah, lebih adil, lebih egaliter, lebih etis. Pendek kata, lebih baik dari situasi kondisi kita sekarang ini," sebut Amien.

Seperti diketahui, gaung pendirian partai sempalan PAN sudah terdengar pasca Kongres ke-5 PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Februari 2020. Yang berembus ke publik, nama partai baru Amien adalah PAN Reformasi.

Amien menjelaskan alasan pendirian partai baru ini. Mantan Ketua MPR RI itu menyebut partai baru ini dibentuk atas dasar kondisi bangsa Indonesia saat ini yang dinilai berada di ambang krisis.

"Saya dan sebagian sahabat-sahabat saya yang prihatin dengan perkembangan kondisi bangsa dan negara kita akhir-akhir ini bahwa ada kebutuhan perlunya muncul sebuah partai baru. Mungkin ada sebagian anak bangsa yang merasa bahwa kondisi bangsa Indonesia sekarang ini sudah baik-baik saja," kata Amien dalam video yang diunggah di akun YouTube Amien Rais Official.

"Tapi bagi kami banyak sekali indikasi yang menunjukkan bahwa sesungguhnya kita ini berada di ambang krisis. krisis sosial, politik dan economic malaise, ekonomi yang semakin buruk, suram, dan bisa-bisa menuju resesi berat dan ke arah depresi, mudah-mudahan tidak," imbuhnya.

Tonton juga 'Kader PAN Minta Amien Rais Pikir-pikir Dirikan 'PAN Reformasi'':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/imk)