Amien Rais Buka Suara soal Partai Baru, tapi Masih Rahasiakan Namanya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 20:47 WIB
Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Amien Rais (Screenshot YouTube Amien Rais Official)
Jakarta -

Politikus senior Amien Rais akhirnya buka suara soal partai sempalan PAN yang akan dia dirikan. Namun, Amien masih merahasiakan nama partainya.

Perihal partai baru ini Amien sampaikan dalam sebuah video yang diunggah di akun YouTube Amien Rais Official, Kamis (10/9/2020). Amien awalnya menjelaskan alasan pendirian partai baru ini.

"Saya dan sebagian sahabat-sahabat saya yang prihatin dengan perkembangan kondisi bangsa dan negara kita akhir-akhir ini bahwa ada kebutuhan perlunya muncul sebuah partai baru. Mungkin ada sebagian anak bangsa yang merasa bahwa kondisi bangsa Indonesia sekarang ini sudah baik-baik saja," kata Amien.

"Tapi bagi kami banyak sekali indikasi yang menunjukkan bahwa sesungguhnya kita ini berada di ambang krisis. Krisis sosial, politik, dan economic malaise, ekonomi yang semakin buruk, suram, dan bisa-bisa menuju resesi berat dan ke arah depresi, mudah-mudahan tidak," imbuhnya.

Amien menjelaskan partai baru ini dibentuk juga karena pihaknya melihat pemerintahan saat ini semakin jauh dengan nilai-nilai moral. Bahkan, sebut dia, semakin jauh dari akhlak yang baik.

"Di samping itu kekuasaan rezim yang sedang memikul harapan rakyat nampaknya semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etik atau akhlak yang baik dan adiluhung. Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru," papar Amien.

Sayangnya, Amien masih menyembunyikan nama partai barunya. Dia meminta semua pihak bersabar menanti pengumuman nama partai barunya ini, termasuk logonya.

"Nah tentang nama, logo, AD, ART, dan lain-lain belum dapat diungkapkan sekarang, mohon bersabar. Tunggu tanggal, hari, serta bulan yang kami sendiri sedang bermusyawarah. Jadi bersabar itu indah," ucap Amien.

Seperti diketahui, gaung pendirian partai sempalan PAN sudah terdengar pasca-Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Februari 2020. Yang berembus ke publik, nama partai baru Amien adalah PAN Reformasi.

Partai baru Amien ini rencananya dideklarasikan pada Desember 2020. Namun, untuk namanya, belum ada yang bisa memastikan.

Tonton juga 'Kader PAN Minta Amien Rais Pikir-pikir Dirikan 'PAN Reformasi'':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/imk)