SIDAK 9 September: 6 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 23:32 WIB
Kabar duka buat sepakbola Indonesia. Eks pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl dinyatakan meninggal dunia di usianya yang ke-70 karena penyakit kanker.
Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta -

CXO Media merangkum 6 berita teraktual hari ini. Ada berita soal bakal calon kepala daerah di Surabaya yang disebut positif Corona, hingga meninggalnya mantan pelatih Timnas sepak bola Indonesia Alfred Riedl.

Kemudian, ada pula soal perdebatan bentuk rawon, viral di TikTok hingga perempuan ditinggal nikah. Rangkuman berita-berita aktual itu ditayangkan dalam video, berjudul SIDAK!: 9/9/2020: PERDEBATAN RAWON KUNING HINGGA VIDEO VIRAL TIKTOK WANITA DITINGGAL NIKAH, yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 6 berita teraktual hari ini yang telah dirangkum:

1) Viral Tangis Wanita yang Tiba-tiba Ditinggal Nikah Kekasih, Bikin Nggak Tega
Video seorang wanita menangis histeris ketika mengetahui tiba-tiba kekasih hatinya memilih untuk menikah dengan wanita lain viral. Tangisan pedih wanita yang ditinggal kekasih menikah setelah pacaran bertahun-tahun ini viral berawal dari akun TikTok @dhestymariza.

Pemilik akun tersebut mengunggah momen sahabatnya Nova sedang menangis karena mengetahui pacarnya ingin menikah dengan wanita lain.

"Hubungan lama tidak menjamin untuk bersama selamanya #fyp. Bertahun-tahun bersama dan menjalin sebuah komitmen tapi diakhir kau malah menikah dengan wanita lain. Setidaknya saya pernah berjuang walau akhirnya saya sendiri yang ditinggalkan," tulis @dhestymariza di akun TikToknya.

Hingga Selasa siang (8/9/2020), video TikTok viral tersebut sudah dilihat lebih dari 3,3 juta views, mendapat 284 ribu likes, dan 10 ribu komentar. Warganet pun ada yang turut prihatin dan mendoakan Nova agar dapat mendapatkan jodoh yang lebih baik.

2) Satu Bakal Calon Pilkada Surabaya Positif COVID, Sempat Arak-arakan


Satu calon Wali Kota Surabaya diduga terkonfirmasi positif COVID-19. Hal itu diungkapkan KPU Surabaya setelah menerima hasil tes swab dari RSU Soetomo.

"Saya tidak menyebut nama. Tapi salah satu dari bakal paslon," ujar Komisioner KPU Surabaya Bidang Hukum dan Pengawasan, Soeprayitno, Rabu (9/9/2020).

Saat ditanya apakah paslon itu calon wali kota, Soeprayitno hanya tersenyum. Ia kemudian menegaskan bahwa KPU bukan tidak transparan, melainkan hanya ingin menjaga integritas.

"Bukannya KPU Surabaya tidak transparan atau menutup-nutupi. Tapi kami berusaha menjaga integritas," terang pria yang akrab disapa Nano itu.

KPU Surabaya sebelumnya telah melakukan pembukaan pendaftaran bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota. Dari pendaftaran itu tercatat ada dua pasangan, yakni Eri-Armuji, yang diusung oleh PDIP dan PSI, serta pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno, yang diusung 8 partai politik.

Baik Macfud-Mujiaman maupun Eri-Armuji, saat mendaftar ke KPU Surabaya, sama-sama melakukan arak-arakan.

3) Netizen Debat Sengit soal Rawon Warteg Berkuah Kuning

Rawon identik dengan kuah hitam, namun rawon warteg justru berkuah kuning mirip gulai. Hal ini jadi kontroversi netizen warga Twitter.

Pegiat kuliner sekaligus CEO Kelana Rasa, Arie Parikesit menyentil unggahan resep rawon warteg itu. Ia me-mention akun Twitter @kulinersurabaya dan @MakanMasak dengan keterangannya, "Rawon kuning jare."

Komentarnya lalu mendapat tanggapan dari pihak Masak TV. Mereka menulis, 'Dulu kami juga kaget nih mas pas liat rawon warteg sampe penasaran dan bikin video ini'. Masak TV menyertakan tautan video YouTube mereka yang berjudul 'Rawon Warteg | Kenapa Rawon Warteg tidak hitam?'

4) Set Game of Thrones Akan Jadi Tempat Wisata


Buat para penggemar Game of Thrones sepertinya harus liburan ke Irlandia Utara tahun depan. Soalnya, studio tempat syuting serial ini bakal dibuka buat turis.

Baru-baru ini, HBO membuat sebuah pengumuman yang dinanti-nantikan para penggemar Game of Thrones dari berbagai penjuru dunia. Studio tempat syutingnya serial ikonik ini akan dibuka buat turis. Rencananya, studio ini akan dibuka pada musim semi tahun 2020.

Dihimpun detikcom, Jumat (3/5/2019), studio tempat syuting Game of Thrones ini berada di Banbridge, Irlandia Utara. Lokasinya berada di dalam komplek Studio Linen Mill.

5) Kenalkan! Ini Mahasiswa UIN bernama 'Anjay' yang Viral

Mahasiswa di Riau bernama Anjay Syaiful Islam merasa kebingungan jika berkenalan dengan seseorang. Hal ini terjadi setelah kata 'anjay' menuai polemik karena diartikan sebagai nama binatang peliharaan.

Anjay bercerita ia canggung jika menyebut namanya ke sejumlah orang yang baru ia kenal.

"Kalau sama teman akrab saya tak masalah, walau kadang mereka bergurau mempelesetkan kata 'anjay'. Tapi karena itu kawan akrab, ya tak masalah buat saya," kata Anjay dalam percakapan dengan detikcom, Rabu (9/9/2020).

6) Alfred Riedl, Sosok Pelatih Disiplin Tapi Suka Melucu


Mantan pelatih timnas sepakbola Indonesia Alfred Riedl meninggal di usia 70 tahun karena kanker. Media Austria, Kurier, menyebut Alfred tutup usia pada Senin (7/9/2020).

Alfred diketahui sudah lama memiliki masalah dengan ginjalnya. Pada 2006, ia mengumumkan rencananya melakukan cangkok ginjal. Pria berdarah Austria tersebut kala itu harus rutin menjalani dialisis atau cuci darah 3 kali seminggu karena ginjalnya tidak berfungsi.

Saat itu, Alfred adalah pelatih sepakbola Vietnam yang sangat dicintai penggemar. Para suporter fanatik berebut ingin menjadi donor ginjal untuknya.

[Gambas:Youtube]



(aik/zak)