Deklarasi Maju Pilwalkot Banjarmasin, Ibnu-Arifin Susuri Sungai Martapura

M Risanta - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 20:45 WIB
Ibnu Sina dan Arifin Noor mendeklarasikan diri maju ke Pilwalkot Banjarmasin (M Risanta/detikcom)
Ibnu Sina dan Arifin Noor mendeklarasikan diri maju ke Pilwalkot Banjarmasin (M Risanta/detikcom)
Banjarmasin -

Ibnu Sina dan Arifin Noor mendeklarasikan diri maju ke pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) dan Wakil Wali Kota Banjarmasin. Momen itu dilakukan dengan menyusuri Sungai Martapura.

"Bismillahirahmanirrahim, ulun Ibnu Sina bersama Arifin Noor mendeklarasikan diri sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin periode 2021-2024. Insyaallah dengan demikian mudah-mudahan, tolong dikabarkan kepada masyarakat," ucap Ibnu Sina saat mendeklarasikan diri di hadapkan puluhan pendukung dan tim pemenangan, Rabu (9/9/2020).

Pasangan petahana ini mengusung slogan Banjarmasin Baiman Lanjutkan. Kegiatan susur sungai diawali dengan iring-iringan kelotok dari dermaga Kelurahan Mantuil di Pulau Bromo, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Rombongan berhenti di Dermaga Museum Wasaka Banjarmasin.

Selama susur sungai puluhan kilometer ini, Ibnu Sina-Arifin yang turut didampingi Habib Abdurrahman Bahasyim (Habib Banua). Mereka menyapa dan melambaikan tangan ke warga kota berjuluk Seribu Sungai.

Ibnu berjanji pada tahapan Pilwalkot Banjarmasin akan mengikuti dan menegakkan aturan sesuai dengan aturan KPU. Ibnu pun berharap sikap serupa diikuti para kontestan lainnya yang lebih mengutamakan kebersamaan meskipun berada dalam pusaran persaingan.

Ibnu Sina dan Arifin Noor mendeklarasikan diri maju ke Pilwalkot Banjarmasin (M Risanta/detikcom)Foto: M Risanta/detikcom

"Kita semua bersaudara semuanya, tetapi karena pemilihan harus kita ikuti sama-sama. Namun mudah-mudahan kita sama-sama bergandeng tangan dan mensukseskan proses demokrasi di kota Banjarmasin ini," ujar Ibnu Sina.

Dia mengatakan kegiatan susur sungai memiliki makna memberi perhatian kepada warga pinggiran. Dia mengatakan pembangunan kota Banjarmasin jadi salah satu fokus Pemerintah Kota Banjarmasin selanjutnya.

"Di kawasan pinggiran itu sedang dibangun Jembatan Pulau Bromo, yang menjadi pembuka koneksi antara warga Pulau Bromo dengan Pusat Kota Banjarmasin sehingga memastikan penghubung seluruh warga dengan pemerintah. Kami ingin menjadikan sungai sebagai beranda utama Kota Banjarmasin, seperti yang selama ini kami rintis 5 tahun ke belakang," katanya.

Sementara itu, tokoh agama dan masyarakat Banjarmasin, Habib Abdurrahman, mengapresiasi cita-cita pasangan Ibnu-Arifin. Menurutnya tidak salah jika program yang sudah baik dan sesuai aturan untuk kemaslahatan masyarakat luas diteruskan kembali. Sehingga keinginan menciptakan kota baiman, barasih (bersih) pemerintahannya dan nyaman barasih kotanya.

"Karena itulah kami apresiasi langkah pasangan ini untuk terus membangun Kota Banjarmasin yang beriman, mengedepankan kepentingan masyarakat. Kita kawal program dan janji pasangan Ibnu Sina dan Arifin Noor ini," tegas Habib Banua, yang juga anggota DPD RI ini.

(jbr/jbr)