Polri Selidiki Paguyuban di Garut yang Ubah Lambang Pancasila

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 16:44 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono. (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut, Jawa Barat, membuat geger masyarakat karena mengubah lambang Pancasila. Atas hal ini, Polri pun bergerak menyelidiki kasus ini.

"Ditreskrimum Polda Jawa Barat saat ini sedang melaksanakan penyelidikan terhadap Paguyuban Tunggal Rahayu tersebut," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Senin (7/9/2020).

Awi merinci sejumlah hal dilakukan dalam menyelidiki kasus ini. Di antaranya mengumpulkan sejumlah bukti hingga memeriksa para pendiri dan pengurus Paguyuban Tunggal Rahayu.

"Penyelidikan ini tentunya untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait dengan peristiwa pidana yang dilakukan oleh para pendiri dan pengurus Paguyuban Tunggal Rahayu," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Paguyuban Tunggal Rahayu tengah menjadi sorotan lantaran mereka mengubah lambang Garuda Pancasila. Pemkab Garut mengungkap sosok bos atau pimpinan paguyuban tersebut.

Kepala Kesbangpol Garut Wahyudijaya menjelaskan paguyuban yang berbasis di Cisewu itu mulai muncul awal September 2020. Beberapa waktu lalu, perwakilan dari kelompok tersebut datang ke kantor Kesbangpol untuk mengajukan legalitas.

"Namun, kita menemukan kejanggalan. Seperti mereka berani menggunakan lambang Pancasila yang diubah," kata Wahyu, Selasa (8/9).

Sebelumnya berbagai pihak telah mendesak Polri segera mengusut kasus ini. Di antaranya Wakil Ketua MPR, Arsul Sani, angkat bicara mengenai aksi Paguyuban Tunggal Rahayu mengubah lambang Pancasila.

"Soal ini sebaiknya Polri beserta aparatur pemerintahan terkait melakukan penyelidikan secara saksama, namun tidak perlu elemen masyarakat lainnya yang bertindak," ujar Arsul kepada detikcom, Selasa (8/9).

Penyelidikan, kata Arsul, untuk mencari ada-tidaknya unsur pidana dari kasus tersebut. Hal tersebut disebabkan berkaitan langsung dengan lambang negara.

(maa/maa)