Mahfud Kumpulkan Mendagri-Satgas Bahas Sanksi Protokol COVID di Pilkada

Kadek Melda - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 14:02 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud Md (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md memimpin rapat koordinasi khusus (rakorsus) membahas disiplin penerapan protokol kesehatan COVID-19 Pilkada 2020. Rapat dilakukan secara langsung dan diikuti beberapa peserta secara virtual.

Rapat digelar di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2020). Hadir langsung dalam rapat, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, anggota Tim Pakar COVID-19 Wiku, dan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik.

Rapat bersifat tertutup. Di ruangan rapat terdapat tiga monitor yang digunakan untuk interaksi dengan peserta rapat yang hadir secara virtual. Beberapa peserta yang mengikuti rapat secara virtual antara lain Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, para kepala daerah serta bupati dan wali kota.

"Yang terhormat Saudara Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Mendagri, Kejaksaan Agung RI, Kapolri, Panglima TNI, para gubernur dan kapolda, saya memimpin rapat khusus tingkat menteri dan tingkat provinsi, kabupaten/kota akan membahas disiplin protokol kesehatan proses Pilkada 2020," kata Mahfud membuka rapat.

Rakorsus secara langsung ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Kursi antarpeserta rapat diberi jarak.

Sebelum memasuki ruang rapat, para peserta yang hadir diwajibkan memakai masker. Mereka juga disemprot disinfektan dan hand sanitizer.

Selain itu, awak media yang hendak meliput wajib menjalani serangkaian tahapan protokol kesehatan yang disiapkan pihak Kemenko Polhukam. Para awak media juga wajib menjalani rapid test yang telah disediakan di lokasi.

(dkp/dkp)