ADVERTISEMENT

Pegawai Pabrik Khong Guan yang Positif Corona Hanya 1, Sudah Tak Ngantor

Luqman Nurhadi A - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 15:29 WIB
Poster
Foto ilustrasi penyebaran virus Corona. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur (Jaktim) Galuh Prasiwi melakukan kunjungan ke pabrik Khong Guan di Ciracas guna memastikan jumlah pegawai yang terpapar COVID-19. Hasilnya, Galuh mendapatkan informasi bahwa hanya satu pegawai yang positif virus Corona.

"Ya kita mengecek kebenaran informasi, kan berita banyak sekian-sekian. Padahal yang konfirmasi positif, ya, 1 orang, tadi siang (saya) datang," kata Galuh ketika dihubungi, Selasa (8/9/2020).

Awalnya, sempat beredar kabar ada dua pegawai pabrik Khong Guan yang terpapar COVID-19. Namun, informasi yang Galuh dapatkan hanya satu pegawai bagian packaging.

"Saya nggak tahu apakah ada tambahan, bisa juga. Tapi saya baru selesai sampai kantor baru 1 orang, bukan 2. Terkonfirmasi positif keterangan dari perusahaan adalah 1 orang di bagian packaging," jelasnya.

Satu pegawai yang terkonfirmasi Corona, lanjut Galuh, untuk sementara tidak diperkenankan masuk kerja. Pegawai tersebut kini menjalani isolasi mandiri.

"Iya, karyawan itu sudah nggak masuk ke kantor. Sebenarnya dia sudah nggak masuk ke kantor karena memang isolasi, kan awalnya dari rapid itu dari perusahaan," ujar Galuh.

Galuh telah meminta pihak pabrik melakukan tracing. Sejauh ini, dia menyebut pabrik Khong Guan telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

"Kita selalu menyarankan demikian kepada perusahaan, untuk melakukan tracing dan sejauh ini menurut sepengetahuan kami sepanjang kami melakukan monitoring terhadap perusahaan memang di awal-awal PSBB dahulu kami sudah melihat prosedur kesehatan di PT Khong Guan ini baik ya, dia mematuhi prosedur," ungkap Galuh.

"Kalau kemudian ada terkonfirmasi ya namanya penyakit kita nggak tahu ya menyebar dari mana, kemudian ibaratnya prosedur pencegahan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak itu karena mereka industri makanan ya memang sudah dilakukan dari dulu, di mana kita belum lakukan mereka sudah lakukan," tambahnya.

Sebelumnya, satu orang pegawai pabrik Khong Guan di Ciracas, Jakarta Timur, terkonfirmasi terpapar COVID-19. Menindaklanjuti hal itu, pabrik ditutup sementara selama 3 hari.

"Menghentikan dari kemarin (7/9). Kan baru ketahuan kemarin kan petugasnya monitor, jadi sudah baru konfirmasi positifnya kemarin. Jadi (ditutup sementara) kemarin, hari ini, dan besok," kata Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur (Jaktim), Galuh Prasiwi, ketika dihubungi, Selasa (8/9).

Simak juga video '5 Pegawai Positif Corona, KUA Danurejan Yogyakarta Ditutup':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT