ADVERTISEMENT

Minus Soppeng-Gowa, Bacalon Pilkada di Sulsel Selesai Jalani Tes Kesehatan

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 13:44 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Pilkada Langsung Ditinjau Ulang (Nadia Permatasari/detikcom)
Foto: Ilustrasi pilkada (Nadia Permatasari/detikcom)
Makassar -

Bakal pasangan calon kepala daerah Pilkada di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah selesai menjalani tes kesehatan sesuai dengan persyaratan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasil pemeriksaan pun akan segera dikirimkan ke KPU.

"Saya kira tes kesehatan sudah dilakukan untuk pasangan calon. Setelah itu akan disimpulkan hasil pemeriksaan itu dan akan dikeluarkan sebuah surat tapi itu bukan untuk publik untuk dikirim ke KPU nanti KPU. Itu termasuk rahasia medis," kata perwakilan IDI yang ikut membantu pemeriksaan bacalon, dr Marhaen saat berbincang dengan detikcom, Selasa (8/9/2020).

Tes kesehatan dilakukan sejak kemarin, Senin (7/9). Pemeriksaan dilakukan di di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan. Seperti pemeriksaan gigi, THT, dan penyakit dalam serta tes narkoba.

"Kalau yang kemarin itu dibagi dua, yang pertama waktu malam itu setelah penjelasan di tes urinenya apa ada narkoba atau tidak, pesertanya disuruh puasa sekitar 8 jam karena paginya akan diambil darahnya untuk diperiksa," ujarnya.

"Untuk tes Covid-19 tidak dilakukan karena sudah dilakukan sebelum pendaftaran," imbuh Marhaen.

Selain pemeriksaan oleh dokter, para bakal pasangan calon juga diperiksa oleh BNN. Nantinya akan ada dua surat yang dikirim ke KPU terkait hasil pemeriksaan.

"Proses pemeriksaan saya kira satu hari sudah bisa dilihat hasilnya cuman harus dirapatkan timnya mengumpulkan dokter yang tergabung dalam tim kesehatan," katanya.

Kendati demikian, tak seluruh bakal pasangan calon mengikuti tes kesehatan yang digelar kemarin itu. Bakal pasangan calon dari Kabupaten Gowa dan Soppeng yang belum menjalani tes kesehatan lantaran KPU memperpanjang masa pendaftaran di wilayah itu.

(fiq/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT