Round-Up

Kabar Gembira Janji Kemendikbud Guyur Kuota Gratis ke Mahasiswa

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 21:01 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Ilustrasi Kuliah Online. (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta -

Ada kabar gembira bagi seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberi bantuan kuota internet.

Kemendikbud mengutarakan kebijakan ini berbeda dengan kebijakan dari Kemenkeu yang memberikan kuota gratis untuk pegawai negeri sipil (PNS), mahasiswa PTN dan masyarakat.

"Beda dengan program Kemenkeu," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam saat dikonfirmasi pada Senin (7/9/2020).

Nizam menegaskan tidak hanya mahasiswa PTN yang mendapat bantuan kuota dari Kemendikbud. Namun, mahasiswa PTS juga akan mendapat bantuan kuota dari Kemendikbud.

"Kemendikbud memberikan bantuan kuota internet untuk semua mahasiswa PTN dan PTS," ujar Nizam

Menurut Nizam, proses penyaluram bantuan kuota bagi mahasiswa masih proses pendataan. Ia berharap bantuan kuota dapat segera dilaksanakan pekan depan.

"Saat ini masih pendataan, semakin cepat mahasiswa dan perguruan tinggi update data semakin cepat pula implementasi nya. Harapan kita minggu depan sudah bisa kita laksanakan," tuturnya.

Pemerintah sebelumnya melalui Kemendikbud akan menggelontorkan dana sekitar Rp 9 triliun guna membantu siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan skema penyaluran kuota masih dalam kajian.

"Mohon ditunggu skemanya tapi alhamdulillah dana sekitar Rp 9 triliun itu sudah diamankan," kata Nadiem di kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Kamis (27/8).

Selanjutnya
Halaman
1 2