Tersangka Korupsi Tanah Kuburan Bakal Jadi Calon Tunggal Pilkada OKU

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 12:57 WIB
Wabup OKU Johan Anuar (dok IG Pemkab OKU)
Foto: Wabup OKU Johan Anuar (dok IG Pemkab OKU)
Ogan Komering Ulu -

Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, di KPU OKU sudah ditutup. KPU OKU menilai kemungkinan besar hanya ada bakal pasangan calon, Kuryana Aziz-Johan Anuar, yang menjadi calon bupati-wakil bupati di Pilkada OKU 2020.

"Pendaftaran mulai tanggal 4-6 September, kemarin itu batas akhir pendaftaran. Tetapi sampai jam 12 malam tadi ini tak ada yang daftar lagi," kata Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, kepada wartawan, Senin (7/9/2020).

Naning memprediksikan Kuryana Aziz dan Johan Anuar akan menghadapi kotak kosong di Pilkada OKU alias menjadi calon tunggal. Meski demikian, dia mengatakan regulasi mengatur KPU harus membuka pendaftaran kedua jika pendaftaran pertama hanya ada satu pasangan calon.

"Kalau kemungkinan besar calon tunggal. Sesuai regulasi 3 hari ini kami umumkan pendaftaran calon dibuka kembali, mulai 10-12 September. Kalau masih tidak ada daftar lagi, maka kami lanjut cek progress penelitian berkas sampai 22 September," kata Naning.

Pada pendaftaran tahap 2, Naning menilai kecil kemungkinan ada calon perseorangan di OKU yang bisa lolos. Apalagi, tidak ada satupun partai yang bisa mendukung karena semua telah menjadi pengusung Kuryana Aziz dan Johan Anuar.

"Kalau independen sudah tidak bisa lagi, ada yang daftar 3 paslon kemarin tetapi syarat dukungan tidak cukup. Sehingga tidak bisa ikut tahap selanjutnya dalam verifikasi faktual," kata Naning.

"Kita lihat sampai tanggal 22. Kalau 22 tak ada paslon lain maka 23 September kita umumkan pasangannya. Kalau hanya satu calon, maka 24 September pengundian kolom kosong atau kotak kosong dengan paslon yang ada," katanya.

Meskipun begitu, Naning berharap seluruh masyarakat di OKU yang punya hak pilih dapat menggunakan haknya. Dia berharap tidak ada pemilih yang golput meskipun hanya calon tunggal.

Sebagai informasi, Kuryana Aziz dan Johan Anuar saat ini menjabat sebagai bupati dan wakil bupati OKU. Keduanya kembali maju berpasangan pada Pilkada Serentak tahun ini. Mereka diusung oleh 12 parpol yang punya kursi di DPRD OKU, yakni PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP, NasDem dan Hanura. PSI dan Garuda yang tak punya kursi di DPRD ikut mendukung bakal paslon ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2