297 Imigran Rohingya Terdampar di Lhokseumawe Dipindahkan ke Penampungan

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 12:45 WIB
Sejumlah anak-anak pengungsi etnis Rohingya berteriak lepas saat dalam kegiatan terapi trauma healing di tempat penampungan bekas gedung imigrasi, Punteuet, Lhokkseumawe, Aceh, Rabu (1/7/2020). Berbagai kegiatan bersifat mendidik dan menghibur dilakukan para relawan untuk memulihkan kondisi psikologis dan menghilangkan trauma anak-anak Rohingya setelah terobang-ambing di lautan hingga terdampar ke Aceh. ANTARA FOTO/Rahmad/aww.
Ilustrasi Rohingya di Aceh (Rahmad/Antara Foto)
Lhokseumawe -

297 imigran Rohingya, Myanmar yang terdampar di Lhokseumawe, Aceh, dipindahkan ke tempat penampungan sementara. Pemindahan dilakukan secara bertahap.

"Sekarang mereka sudah digeser ke Balai Latihan Kerja (BLK) Meunasah Mee. Mereka dipindahkan tadi sekitar jam 10.30 WIB," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (7/9/2020).

Menurut Eko, keberadaan imigran Rohingya tersebut selanjutnya bakal ditangani tim Satuan Tugas (Satgas). Eko mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Imigrasi untuk mendata 'manusia perahu' tersebut.

"Kita TNI-Polri setelah ada informasi dri masyarakat kita datang, kita koordinasi dengan imigrasi. Nanti penanganan selanjutnya akan dibahas. Ada Satgas untuk pengungsi," jelas Eko.

Sebelumnya, 297 Imigran Rohingya terdiri atas 181 perempuan, 14 anak-anak, dan sisanya pria terdampar di Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe, dinihari tadi sekitar pukul 00.30 WIB. Mereka tiba dengan kapal jenis GT TRN.U 11/00.

"Mereka terdampar lalu diselamatkan nelayan kita," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek saat dimintai konfirmasi terpisah.

(agse/idh)