Daftar Pilwalkot Makassar, Appi Bicara Kekalahan dengan Kotak Kosong di 2018

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 17:39 WIB
Appi-Rahman Saat Daftar di KPUD Makassar (Hermawan-detikcom)
Foto: Appi-Rahman Saat Daftar di KPUD Makassar (Hermawan-detikcom)
Makassar -

Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar 2020, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando atau yang akrab disapa Appi-Rahman resmi mendaftar ke KPU Makassar. Appi mengaku siap bertarung di Pilwalkot ini.

Pasangan Appi-Rahman tiba di Kantor KPU Makassar, Jalan Perumnas Antang Raya, Makassar, Minggu (6/9/2020). Appi-Rahman ditemani beberapa tokoh partai pengusung dan tim pemenangan yang mendampingi keduanya, yakni Sholihin Kalla, Sadikin Aksa, Ketua DPC Partai Demokrat Adi Rasyid Ali, Ketua DPC PPP Busranuddin Baso Tika, Ketua DPD Perindo Ruslan Mahmud, Ketua DPD PSI Sulsel Fadli Noor.

Pasangan Appi-Rahman datang dengan busana kemeja putih-putih dan bawahan hitam, mereka didampingi istri masing-masing. Setelah mengikuti sejumlah protokol kesehatan, keduanya langsung bergegas ke sebuah ruangan tempat pendaftaran dan verifikasi berkas.

Appi mengaku saat ini sudah siap maju di Pilwalkot Makasar. Diketahui sebelumnya Appii tumbang di Pilwalkot Makassar pada 2018 saat melawan kotak kosong.

"Jadi kemarin ada beberapa hal yang menjadi kelemahan kita yaitu tidak terlalu bagusnya konsolidasi terhadap saksi-saksi yang ada di wilayah kita," kata Appi kepada wartawan saat ditanya perihal kekalahannya di 2018.

Appi kemudian menyebut konsolidasi saksi itu sebagai pekerjaan rumah yang utama agar bisa diperbaiki pada tahap Pilwalkot 2020. Terlepas dari kekelahan kotak kosong, Appi mengaku tetap optimis.

"Perhatian kita secara lebih spesifik bagaimana tim kita berada di TPS dengan saksi-saksi yang ada itu mampu mengawal suara sampai yang paling kecil di TPS," beber Appi.

Sementara itu, Rahman Bando, mengingat sebelumnya dia adalah seorang pegawai negeri sipil, dia mengaku telah mundur dari statusnya sebagai ASN. Dia juga menyebut Appi tak salah memilih dirinya sebagai pasangan politiknya.

"Karena itu dia mengambil birokrat karena dia yakin berpasangan dengan background birokrat insya Allah rakyat Makassar pasti memberi kesempatan," katanya.

Dengan tuntasnya pendaftaran Appi-Rahman, Pilwalkot Makassar 2020 kini resmi memiliki total empat pasangan bakal calon. Tiga pasangan bakal calon lainnya, yakni Ramdhan Pomanto-Fatmawati (Danny-Fatma), Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin, dan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan), telah lebih dahulu mendaftar pada Jumat (4/9).

(zap/zap)